Alasan Mengapa Wajah Anda Mirip dengan Si Dia

 

Foto: Freepik


Apakah Anda sering melihat pasangan kekasih atau pasangan suami-istri memiliki wajah yang terlihat mirip? Atau mungkin saja Anda merasakan hal ini pada diri sendiri? Katanya, kalau pasangan yang memiliki wajah yang mirip, berarti jodoh!


Banyak yang menganggap hal ini benar. Tak bisa dipungkiri juga karena memang sudah banyak bukti yang memperlihatkan ketidaksengajaan ini. Ternyata, bukan hanya wajah saja yang sering mirip dengan pasangan, tapi sifat juga. Jadi, apakah fenomena unik ini hanya sebuah ketidaksengajaan atau ada alasan ilmiah di baliknya?


Menurut penelitian yang dilakukan di University of Liverpool di Inggris, tanpa disadari orang cenderung akan memilih pasangan yang mirip dengannya, baik itu secara fisik maupun sifat atau kebiasaan. Makanya, banyak pasangan yang akhirnya memang berjodoh dengan seseorang yang memiliki kemiripan sifat ataupun wajah dengannya.


Penelitian tersebut dilakukan pada partisipan dengan memperlihatkan dua foto pasangan berbeda (pria dan wanita), lalu partisipan diminta untuk memilih salah satu foto dan menilai kepribadian pasangan tersebut.


Entah mengapa, kebanyakan partisipan memilih pasangan yang ternyata sudah menikah cukup lama. Mereka mengatakan bahwa pasangan yang ada di dalam foto tersebut memiliki kepribadian yang sama. Hasil dari penelitian tersebut menyebutkan bahwa pasangan yang memiliki karakteristik cukup mirip, membuat pasangan memiliki wajah yang mirip juga.


Ada lagi studi yang menyebutkan bahwa seseorang baik pria maupun wanita lebih memilih pasangan yang memiliki kemiripan wajah dengan orang tua mereka yang berbeda jenis kelamin. Artinya, wanita akan memilih pria yang mirip dengan ayahnya, dan pria akan memilih wanita yang mirip dengan ibunya. Alasannya lagi-lagi karena manusia fitrahnya lebih tertarik dengan segala hal yang bersifat familiar.


Maka tak heran bahwa ternyata Anda mirip dengan pasangan karena jika Anda wanita, maka Anda pun lebih mirip dengan orang tua laki-laki, dan jika Anda pria maka Anda juga lebih memiliki kemiripan dengan orang tua perempuan Anda sendiri.


Dengan adanya alasan ilmiah seperti ini, jangan pula beranggapan bahwa Anda yang sudah memiliki pasangan namun tak memiliki kemiripan berarti tidak berjodoh, ya. Alasannya, penelitian lain yang dilakukan di Univeristy of Michigan mengatakan bahwa pasangan yang sudah lama bersama akan memiliki kemiripan wajah dari hari ke hari.


Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan beberapa foto before-after beberapa pasangan yang hasilnya memperlihatkan pasangan lebih terlihat mirip saat sudah lama bersama. Ada beberapa alasan lain mengapa wajah Anda dan jodoh Anda mirip. Berikut beberapa di antaranya.


Alasan pertama karena Anda memilih pasangan di lingkungan yang sama dengan Anda. Tentu lingkungan itu adalah lingkungan yang Anda sukai dan bisa membuat Anda nyaman. Artinya, Anda dan dia memiliki selera dan keinginan yang sama. Alasan kedua adalah sering melakukan hal yang sama, seperti memiliki hobi yang sama.

Relationship, Serba-serbi Pernikahan

LEAVE A COMMENT


BACK
TO TOP