Alasan Penting Menggelar Pesta Pernikahan di Rumah

Foto: Freepik


Pesta pernikahan digelar dengan tujuan membagi kebahagiaan pasangan pengantin kepada orang banyak, yakni para tamu undangan. Pesta pernikahan bisa digelar di berbagai tempat seperti hotel, gedung, taman, dan rumah.


Namun, banyak calon pengantin yang lebih memilih menggelar pernikahan di gedung daripada di rumah agar terlihat mewah atau sekadar mengikuti gengsi. Padahal, menggelar pesta pernikahan di rumah bisa menjadi pilihan jika Anda memahami beberapa alasan penting seperti berikut ini.


Mengutamakan Prosesi
Hal terpenting dari pernikahan bukanlah resepsi, tapi prosesi. Resepsi bukanlah suatu hal yang wajib dilaksanakan dalam pernikahan, karena yang paling penting adalah proses mempersatukan dua insan dalam suatu ikatan janji suci hingga diakui oleh negara.


Sementara resepsi hanya kegiatan tambahan untuk sekadar membagi kebahagiaan kepada orang banyak. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika hanya menggelar resepsi sederhana di rumah sebagai bentuk syukur dari kedua mempelai.


Bukan Ajang Pamer
Tidak sedikit calon pengantin yang menggelar pesta pernikahan mewah untuk mendapat pengakuan sosial. Padahal, menggelar pesta pernikahan yang terbilang mewah justru membuat biaya pernikahan semakin bengkak. Membuang uang hanya untuk menggelar pesta semalam tentu bukan pilihan tepat, apalagi jika hanya untuk menaikkan derajat Anda di mata sosial.


Namun ada juga calon pengantin yang memang menggelar pesta pernikahan sebagai ajang reuni dengan keluarga besar dan sahabat terdekat. Jika ini alasan Anda, tetap sesuaikan dengan kemampuan finansial. Anda juga bisa saja menggelarnya di rumah dengan dekorasi yang Anda inginkan.


Suasana Lebih Hangat
Menggelar resepsi di rumah akan memberikan suasana yang lebih hangat bagi Anda, keluarga, dan juga tamu undangan. Tetangga akan lebih mudah dan dekat untuk datang ke pernikahan Anda yang hanya berjarak beberapa rumah saja. Selain itu, teman-teman Anda juga jadi tahu tempat tinggal Anda dan pasangan.


Selain itu, Anda juga bisa menggelar resepsi dan kumpul bersama lebih lama karena tidak terikat waktu. Berbeda dengan resepsi di gedung yang tentunya terikat oleh waktu sehingga mungkin merasa kurang lama untuk menikmati momen bahagia tersebut.


Lebih Hemat Biaya
Meski lebih repot, menggelar pesta pernikahan di rumah bisa menghemat biaya hingga puluhan juta rupiah. Sebab Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa gedung yang harganya tentu tidak murah. Untuk urusan dekorasi pun tidak memerlukan banyak bujet karena cukup memasang tenda dan kursi agar tamu undangan merasa nyaman saat bertamu.


Namun untuk urusan katering, Anda tetap harus melipatgandakan jumlah makanan dari jumlah tamu undangan karena bisa saja ada tetangga yang datang membawa beberapa rombongan sehingga perlu menambah beberapa pax makanan. Untuk lebih menekan bujet, Anda bisa mengundang tetangga yang memang dekat dan kenal dengan keluarga Anda dan pasangan saja.


Alokasikan Biaya untuk Membeli Rumah
Karena menggelar resepsi di rumah tidak memerlukan biaya yang terlalu besar, Anda bisa mengalokasikan tabungan untuk membeli rumah baru. Hal ini jauh lebih bermanfaat ketimbang menghabiskan seluruh bujet hanya untuk menggelar pesta pernikahan.


Coba pikirkan kembali, apakah Anda rela jika uang yang jumlahnya bisa untuk DP rumah harus habis dalam semalam hanya demi sebuah pesta? Jika tidak, prioritaskan uang Anda untuk memiliki tempat tinggal setelah menikah sehingga Anda dan pasangan tidak perlu mengontrak, tinggal bersama mertua atau orang tua.

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP