Apa Arti Persiapan Pernikahan Bagi Anda?

Selamat! Jika Anda membaca artikel ini berarti Anda sedang mempersiapkan pesta di hari istimewa Anda bersama dengan pasangan atau paling tidak Anda sedang memikirkan untuk merencanakan sebuah pesta pernikahan. Di tengah persiapan pernikahan ini, pernahkah terpikirkan apa sebenarnya arti persiapan ini bagi Anda dan pasangan?

Seringkali kita mendengar ucapan selamat menempuh hidup baru di hari pernikahan. Tentu saja ucapan itu ada artinya. Menikah dengan seseorang yang dicintai adalah langkah penting dalam hidup Anda untuk memulai sesuatu yang baru dalam hidup. Jadi persiapan pesta pernikahan Anda bukanlah hal yang main-main, karena Anda sedang mempersiapkan perjalanan hidup Anda selanjutnya.

Pernikahan itu tidak selalu penuh dengan hal-hal menyenangkan

Jangan menganggap bahwa dengan menikah Anda akan lepas dari masalah yang mungkin sedang Anda hadapi sekarang ini. Kenapa? Karena tentunya hidup pernikahan tidak akan seperti hidup di negeri dongeng. Akan ada masalah yang harus diselesaikan baik itu masalah pribadi, bersama dengan pasangan, ataupun yang berhubungan dengan keluarga bahkan pekerjaan. Positifnya, Anda punya pasangan untuk berbagi. Sebaliknya Anda juga akan menjadi tempat berbagi untuk masalah pasangan Anda.

Pernikahan bukan jadi selingan hidup

Yang menganggap pernikahan itu sebagai sarana ‘udah cukup umur yang penting nikah’ atau ‘sudah bosan sendiri yang penting ada yang mau nikahin’ maka berhati-hatilah. Pernikahan bukan seperti pekerjaan yang ketika Anda bosan tinggal mengajukan cuti dan kemudian Anda menyegarkan pikiran dengan berjalan-jalan. Jadi miliki tujuan yang tepat untuk menikah.

Jangan Menikah Karena Umur

Umur, menikah, dan budaya timur terkadang tidak berjalan dengan sinkron. Menikah terlalu muda di umur dini bisa jadi pertanyaan dan di sisi sebaliknya, sudah berumur belum menikah, juga akan jadi pertanyaan. Jangan terpengaruh oleh pertanyaan komunitas kenapa Anda belum menikah padahal sudah berumur. Menikah adalah tanggung jawab dan perjalanan hidup panjang yang perlu dipikirkan dengan matang.

Tidak Selalu Ada Bantuan Dalam Pernikahan

Waktu pacaran pasangan Anda begitu perhatiannya dengan Anda namun setelah menikah dan sudah menjadi biasa, bisa jadi perhatiannya mulai sedikit demi sedikit berkurang. Apakah Anda sering mendengar idiom seperti itu? Intinya walaupun sudah berumahtangga dan saling mencintai, kemandirian itu tetap penting. Apa yang bisa Anda kerjakan sendiri, kerjakanlah sendiri.

Pernikahan Bukan Akhir dari Perjuangan

Pernikahan adalah awal dari segala sesuatu bukan akhir dari perjalanan cinta Anda berdua. Masih ada karakter yang harus dicocokan saat Anda hidup seatap, ada kebiasaan buruk yang tidak terlihat saat pacaran, ada keluarga yang sekarang menjadi bagian dari Anda dan keluarga Anda. Masih banyak lagi yang harus Anda hadapi dengan hati tulus dan penuh cinta di kehidupan pernikahan bersama dengan pasangan Anda.

Foto : Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP