Apa Sih Perbedaan antara Pernikahan dengan Perkawinan?

Foto: Freepik


Pernikahan dan perkawinan itu bersifat sinonim, serupa tapi tak sama. Lantas, apa persamaan dan perbedaannya? Yuk simak penjelasan berikut ini.


Pernikahan dan perkawinan atau lebih singkatnya nikah dan kawin memiliki persamaan yakni hubungan antara makhluk hidup lain jenis yang mencakup manusia, hewan bahkan tumbuhan. Makanya, apakah Anda sadar bahwa ternyata dalam ilmu pengetahuan alam, ada istilah perkawinan langsung dan tidak langsung.


Perkawinan lebih tepatnya adalah sebuah ikatan sosial atau ikatan perjanjian hukum antar pribadi yang membentuk hubungan kekerabatan sebagai suatu pranata dalam budaya setempat yang meresmikan hubungan intim atau seksual.


Sedangkan pernikahan, biasanya lebih digunakan untuk manusia. Yakni, sebuah upacara pengikatan janji nikah yang dilakukan oleh dua orang dengan maksud meresmikan ikatan perkawinan secara hukum agama, adat dan negara. Umumnya, perkawinan dimulai dan diresmikan dengan upacara pernikahan, lalu perkawinan dijalani dengan maksud membentuk keluarga.


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sendiri, pernikahan atau nikah adalah sebuah ikatan (akad) perkawinan yang dilakukan sesuai dengan ketentuan hukum dan ajaran agama., yang artinya hidup sebagai suami istri tanpa—merupakan pelanggaran terhadap agama.


Kemudian, perkawinan atau kawin menurut KBBI berarti membentuk keluarga dengan lawan jenis; bersuami atau beristri; menikah. Artinya, ia—dengan anak kepala kampung. Makna kawin lainnya menurut KBBI adalah melakukan hubungan kelamin; berkelamin (untuk hewan); lalu, bersetubuh yang artinya sudah—menikah belum.


Untuk mempermudah Anda membedakan kata kawin dan nikah, begini gampangnya. Nikah berarti ikatan suami-istri yang sah di mata agama, adat dan negara, sedangkan kawin berarti hubungan seks. Selain itu, pernikahan juga bisa diberikan arti dengan segala hal yang berhubungan dengan surat, sedangkan perkawinan adalah hal yang berhubungan dengan `urat`.


Pada saat-saat ini, status pernikahan secara tertulis itu sangat penting. Alasannya, baik Anda pria maupun wanita tidak bisa melakukan hal penting tanpa persetujuan pasangan. seperti melakukan perjanjian jual-beli aset, pengajuan kredit untuk beli rumah atau mobil dan lain sebagainya.


Saat Anda tidak memiliki status yang jelas namun ingin melakukan hal-hal penting itu, Anda harus membuat surat pernyataan bermaterai yang menyatakan Anda belum menikah pada saat kejadian penting itu berlangsung.


Bagaimana, sejauh ini sudah pahamkah Anda tentang perbedaan antara pernikahan dan perkawinan? Simak informasi lainnya mengenai pernikahan di blog Weddingku ya!

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP