message

Bagaimana Mengatur Keuangan Pengantin Baru Kelak?

 

Dalam persiapan pesta pernikahan maka semua fokus pasti tertuju pada hari istimewa untuk Anda berdua dengan pasangan tidak terkecuali hal yang paling penting: keuangan untuk membiayai pesta pernikahan Anda berdua. Di momen ini, seharusnya perihal keuangan masing-masing individu yang akan menikah sudah terbuka dengan transparan, namun jika masih ada yang ditutupi, tentu saja akan membuat riskan di saat Anda berdua akan memulai kehidupan baru.

Apakah Anda berdua masih akan tinggal bersama dengan orang tua atau mertua, atau di sisi lain, Anda akan tinggal serumah, hidup bersama pasangan tentu saja akan berbeda di saat ketika Anda masih sama-sama lajang. Oleh karena itu pembicaraan tentang keuangan di saat Anda telah menikah nanti tentunya sudah harus dimulai saat Anda memutuskan untuk menikah. Lalu bagaimana Anda berdua mengaturnya?

Membagi Tugas Dalam Pengeluaran Bulanan

Saat Anda tinggal serumah atau satu apartemen, ada tagihan listrik, air, sampah yang harus dibayar. Iuran RT dan lingkungan yang juga setiap bulannya harus dibayarkan. Ada belanja bulanan yang harus dibeli. Siapa yang akan membayar gaji asisten rumah tangga Anda jika ada. Bagaimana dengan uang transpor atau uang bensin kendaraan Anda. Jika Anda dan pasangan bekerja dan memiliki dua mata penghasilan, maka Anda berdua harus duduk berdua untuk membagi tugas dalam pengeluaran bulanan Anda. Karena pengeluaran inilah yang akan menunjang hidup Anda sehari-hari bulan demi bulan. Lalu jika Anda hanya mengandalkan satu mata pencaharian saja saat isteri Anda tak bekerja, Anda berdua pun perlu untuk membagi tugas dalam pengeluaran terutama memotong pengeluaran-pengeluaran yang tak berguna. Maka dari itu, sangat penting untuk mendiskusikan masalah keuangan setelah menikah sejak awal saat Anda berdua sedang mempersiapkan pesta pernikahan Anda.

Mempunyai Tabungan Di Awal Hidup Pernikahan

Ada yang berkata bahwa hidup pernikahan Anda dimulai satu hari setelah Anda kembali dari perjalanan bulan madu Anda. Lalu bagaimana selanjutnya? Mempunyai tabungan setelah Anda mengeluarkan banyak biaya untuk pesta pernikahan dan perjalanan bulan madu menjadi penting untuk memulai hidup yang baru. Kecuali semua biaya pesta Anda berdua dibiayai oleh orang tua Anda dan uang Anda utuh, pasti akan ada tagihan kartu kredit yang harus dibayar, dekorasi rumah yang harus dibeli, dan banyak lagi hal-hal kecil yang secara tidak sadar akan membutuhkan biaya untuk memulai hidup baru Anda. Dan, jika biaya pernikahan Anda dibayarkan semuanya oleh orang tua Anda, tidak ada salahnya jika Anda mengembalikan sebagian sebagai tanda terima kasih untuk bantuan orang tua Anda. Bagaimana caranya untuk mempunyai tabungan di awal hidup pernikahan Anda? Mungkin dengan berhemat saat Anda mempersiapkan pesta pernikahan Anda.

Selalu Membuat Anggaran Keuangan

Membuat anggaran akan mendisiplinkan diri Anda berdua dalam hal keuangan dan menabung. Dengan Anda disiplin mengatur keuangan Anda maka terbiasa untuk hidup dalam batas-batas anggaran keuangan Anda dan tidak terjebak menggunakan uang untuk hal-hal yang tidak perlu. Kesadaran akan hidup pernikahan yang panjang dengan adanya anak yang lahir, besar, dan sekolah kelak akan menjadikan Anda sadar untuk menabung sejak awal. Oleh karena itu buatlah anggaran keuangan setiap bulannya dan hidup disiplin sesuai dengan anggaran yang telah Anda tentukan berdua.

Foto : Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP