message

Bagaimana Menghadapi Teman Yang Selalu Mengkritik Detil Pernikahan Anda?

 

Akan banyak hal terjadi di saat Anda sedang mempersiapkan pesta pernikahan dan Anda harus siap untuk menghadapinya. Mungkin karena Anda sedang kelelahan, stress, ataupun harus membagi waktu antara pekerjaan kantor dan hal-hal untuk mempersiapkan pesta pernikahan Anda, terkadang komentar orang termasuk dari anggota keluarga atau teman Anda akan terasa seperti kritikan yang terhujam pada diri Anda. Namun, jangan terlalu memikirkan hal tersebut. Mungkin mereka bermaksud baik dan ingin membantu Anda, namun caranya atau waktunya tidap tepat bagi Anda.

Di sisi lain, ada juga teman yang mungkin akan selalu mengkritisi setiap detil pesta pernikahan Anda. Hal tersebut bisa saja terjadi lho. Tapi Anda tidak perlu terpengaruh dengan hal-hal negatif yang mungkin mereka utarakan. Santai saja. Toh Anda dan pasangan yang akan menikah, bukan mereka. Yuk, ikuti tips di bawah ini untuk menghindari teman yang selalu mengkritik detil-detil pesta pernikahan Anda.

Jangan Meminta Pendapat Mereka

Ada teman yang bisa dimintai pendapat, ada juga yang akan memberikan pendapat yang ambigu bahkan mengarah kepada kritikan. Cara memberikan pendapat itu menjadi penting karena mempersiapkan pesta pernikahan akan mengikutsertakan emosi dan perasaan Anda. Oleh karena itu, jika Anda tahu siapa-siapa saja yang tidak suportif, jangan meminta pendapat mereka jika tidak ingin akhirnya Anda akan termakan oleh negativitas mereka.

Percaya Diri Untuk Segala Hal Yang Anda Tetapkan

Kritik dapat dihindari dengan keyakinan Anda menentukan atau memilih detil-detil pernikahan Anda. Jika Anda yakin dan percaya diri tentu saja kritikan apapun akan seperti angin lalu di telinga Anda. Jika Anda yakin, Anda akan memancarkan rasa percaya diri yang tinggi dari aura Anda dan teman-teman yang biasanya tidak suportif pun akan berpikir dua kali untuk memberi kritikan pada Anda.

Anggap Sebagai Angin Lalu

Kritikan yang membangun akan memberi kepercayaan bagi Anda untuk memperbaiki segala kekurangan, namun kritikan yang menjatuhkan bisa jadi akan mendemotivasi Anda. Di saat-saat Anda membutuhkan dukungan untuk mempersiapkan pesta pernikahan, Anda butuh kritikan yang membangun. Apalagi dari anggota keluarga besar Anda. Jadi jika Anda yakin akan apa yang Anda telah pilih dan ingin jalankan, lakukan lah itu dan anggap semua kritikan adalah saran yang membangun bagi Anda berdua.

Jangan dipikir dalam mempersiapkan pesta pernikahan Anda berdua tidak akan ada satu atau dua orang yang kepo atau nyinyir terhadap Anda. Mungkin dari anggota keluarga besar Anda, mungkin dari mereka yang tidak setuju akan pernikahan Anda, mungkin dari teman yang hanya ingin mengkritik Anda tentang apa-apa yang telah Anda pilih di hari pernikahan Anda. Semuanya bisa terjadi. Dan, hal-hal ini bukan saja menjadi tantangan tapi juga ujian untuk mempersiapkan pesta pernikahan Anda. Oleh karena itu, dalam mempersiapkan hari istimewa bagi Anda berdua, banyak-banyaklah berdoa.

Foto : Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP