message

Barang Yang Wajib Ada di Seserahan Pernikahan

 

Di Indonesia ada satu prosesi yang harus ada menjelang acara pernikahan yaitu pemberian hantaran seserahan pernikahan. Hantaran ini umunya dilakukan pihak keluarga pria untuk keluarga mempelai wanita sebagai simbol bekal untuk kehidupan kelak sang wanita.

Isi seserahan pernikahan ini sebenarnya ngga ada barang wajib yang harus sama pada setiap orang. Seserahan yang menjadi hantaran dari pihak pria ini biasanya berisi barang-barang keperluan sang calon pengantin wanita, yang nantinya akan digunakan oleh sang wanita.

Tetapi ada beberapa barang yang perlu disiapkan untuk hantaran. Untuk jumlah kotak seserahan sebenarnya tidak ada ketentuan wajib. Semuanya bisa disesuaikan oleh kesepakatan bersama. Akan tetapi ada beberapa tradisi seperti tradisi Jawa yang biasanya memberikan kotak seserahan berjumlah ganjil mulai dari 5, 7, 9, 11 dan seterusnya.

Berikut beberapa barang yang dapat dijadikan hantaran untuk calon pengantin perempuan :

Perlengkapan Makeup

Nah untuk perlengkapan yang satu ini biasanya sang wanita sangat concern, jadi biarkan para wanita yang memilihnya. Karena selain itemnya lumayan banyak dan belum tentu pria paham, biasanya para wanita memiliki brand khusus yang berbeda – beda untuk setiap produk kosmetik yang digunakan. Jadi para pria sebaiknya kalian duduk manis saja untuk menyiapkan yang satu ini.

Perhiasan

Seserahan pernikahan berupa perhiasan ini memiliki makna bersinar dan penuh harapan. Akan tetapi untuk perhiasan menjadi seserahan yang bisa disepakati bersama sesuai dengan bujet kalian. Jika sang wanita menginginkan, dan pihak pria menyanggupi maka hantaran perhiasan bisa menjadi isi seserahan pernikahan yang akan diberikan.

Perlengkapan Mandi

Biasanya untuk perlengkapan mandi ini dimulai dari sabun, shampo, handuk, shower puff, produk perawatan tubuh, dan wewangian.

Pakaian Dalam

Pakaian dalam juga menjadi isi seserahan pernikahan yang perlu disiapkan. Untuk isinya mulai dari satu set underwear, lingerie dan juga baju tidur. Tetapi untuk urusan membelinya biasanya sang wanita sudah memilihkan barang–barangnya dan diserahkan kepada sang pria untuk dihias ke dalam kotak seserahan agar lebih cantik.

Perlengkapan Pesta

Perlengkapan pesta ini bermacam–macam isinya. Mulai dari kebaya dan kain, heels, tas, dress, hingga jam tangan.

Makanan & Buah-buahan

Sebagai bentuk hantaran ngga lengkap rasanya tanpa ada makanan dan buah – buahan. Untuk beberapa tradisi budaya misalnya Betawi wajib menyiapkan roti buaya dan juga ada beberapa tradisi yang membawa makanan manis agar garapan kehidupan calon pengantin kelak selalu manis. (SW)

Foto : dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP