Bekali Pasangan Anda Informasi tentang Jarak Aman Penyebaran Virus Corona

Foto: Freepik


Pemerintah sudah sangat serius mengimbau warganya untuk tidak keluar rumah dan tidak melakukan perjalanan dalam dan luar negeri untuk sementara waktu demi mengurangi penyebaran virus Covid-19 atau corona. Pemerintah juga mengatakan, lebih baik warga mengisolasi diri di rumah untuk sementara waktu.


Jika pasangan Anda memiliki jadwal keluar rumah yang sangat mendesak, bekalilah si dia dengan beberapa informasi mengenai penyebaran virus yang penyebarannya sangat cepat ini. Berikut beberapa informasinya.


Anda dan pasangan harus berpikiran positif
Penderita corona bukannya tidak bisa disembuhkan, malah sudah banyak diantara penderita yang sudah sembuh dari virus ini, bukan hanya di Indonesia, tapi juga di berbagai negara lain yang terjangkit. Banyak juga penderita yang tidak mengalami dampak yang lebih buruk daripada penyakit musiman seperti flu dan batuk. Jadi, untuk membuat diri Anda dan pasangan sehat mental maupun fisik, hilangkan semua pikiran-pikiran negatif yang ada di benak, ya.


Virus ini lebih berisiko pada lansia
Itulah mengapa pemerintah, dokter dan berbagai ahli lainnya mengatakan untuk yang belum terkena virus ini, usahakan menjaga imunitas agar tidak drop karena jika sistem imun kita drop, maka virus akan dengan mudah masuk ke dalam tubuh kita.


Kenapa lansia banyak yang terjangkit virus ini? Karena sistem imun atau sistem kekebalan tubuh mereka sudah tidak maksimal seperti saat di usia produktif. Apalagi jika memiliki penyakit bawaan atau masalah penyakit sebelumnya. Jadi jangan lupa menjaga imunitas pasangan Anda agar terhindar dari virus.


Sekadar informasi, sistem imunitas tubuh memiliki fungsi membantu perbaikan DNA manusia, dan mampu mencegah infeksi yang disebabkan oleh jamur, bakteri, VIRUS dan organisme lain. Sistem kekebalan tubuh ini juga bisa menghasilkan antibodi untuk melawan serangan bakteri dan VIRUS asing yang masuk ke dalam tubuh.


Masker bukan jaminan pasangan Anda tidak tertular
Masker sebenarnya hanya diperlukan bagi orang yang sudah terkena virus karena biasanya mereka akan bersin dan batuk. Dari bersin dan batuk tersebutlah bisa menularkan virus corona. Jadi Anda yang sehat seharusnya tidak perlu menggunakan masker. Hanya saja, Anda dan pasangan dituntut untuk selalu membersihkan diri dan menjauhkan diri dari orang yang sakit agar tidak ikut terjangkit.


Katakan pada pasangan, “Kalau ada orang sakit, kamu harus menjauh dulu ya.”
Jika pasangan Anda bepergian ke luar rumah atau ada kunjungan kerja, Anda harus membekali si dia dengan mengatakan ‘jauhi orang sakit’. Jika orang tersebut flu, maka pasangan Anda harus berada 1,5-1,8 meter dari orang yang sakit tersebut. Jika ada yang bersin atau batuk, maka menghindarlah minimal 10 menit. Lebih baik jika tidak melakukan kontak apapun dengan orang tersebut karena kita tidak tahu apakah orang tersebut sudah terjangkit virus corona atau belum.

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP