Benarkah Golongan Darah Bisa Menentukan Siapa Jodoh Anda?

 

Foto: Freepik


Banyak faktor yang bisa mempengaruhi siapa yang akan menjadi jodoh Anda kelak. Misalnya karena kesamaan kepribadian bahkan karena kecocokan zodiak. Selain keduanya itu, katanya golongan darah juga bisa mempengaruhi siapa jodoh Anda. Apakah itu benar? Yuk simak penjelasan berikut ini.


Golongan darah terbagi menjadi golongan darah A, B, AB, dan O. Keempatnya memiliki karakteristik yang berbeda-beda karena golongan darah ditentukan berdasarkan ada atau tidaknya zat antigen pada sel darah merah dan plasma.


Jika sel antigen yang berlawanan masuk ke tubuh Anda, maka sistem kekebalan tubuh akan memberikan respon dengan memproduksi antibodi untuk melawan antigen asing yang masuk ke tubuh itu. Dilansir dari Halodoc, berikut karakteristik dari keempat golongan darah yang perlu Anda ketahui.


Golongan darah A hanya memiliki antigen A pada sel darah merah dan antibodi B dalam plasma.
Golongan darah B hanya memiliki antigen B pada sel darah merah dan antibodi A dalam plasma.
Golongan darah AB memiliki antigen A dan B pada sel darah merah tetapi tidak memiliki antibodi dalam plasma.
Golongan darah O tidak memiliki antigen tetapi memiliki antibodi A dan B dalam plasma.


Jika Anda memiliki pasangan dan memiliki golongan darah yang berbeda, maka hal ini tak perlu dipermasalahkan karena sejatinya Anda bebas menentukan siapapun yang dirasa cocok menjadi pasangan Anda. Yang perlu Anda perhatikan adalah, golongan darah bisa mempengaruhi kehamilan.


Misalnya saja Anda yang bergolongan darah O, ini artinya Anda tak memiliki antigen A dan B. Tapi, memiliki antibodi terhadap A dan B, sehingga jika Anda memiliki pasangan yang bergolongan darah A, maka tubuh Anda akan bereaksi meyerang antigen A karena adanya antibodi A tersebut.


Dilihat dari kasus di atas, bagaimana bisa golongan darah mempengaruhi janin? Begini, antibodi itu akan ditransfer ke janin dan akan menyerang tipe darah yang sama dengan antibodi yang terbentuk. Misalnya, antibodi A akan ditransfer ke janin dan akan menyerang tipe darah A pada janin.


Jika hal ini terjadi, maka bisa menyebabkan terjadinya lisis, yakni kerusakan sel darah merah pada janin yang Anda kandung. Akibatnya, beberapa bayi yang dilahirkan akan mengalami anemia dan bayi yang lahir akan berwarna kuning. Namun, jangan khawatir karena kondisi seperti ini hanya akan berdampak ringan dan bisa dengan mudah diatasi jika Anda rutin berkonsultasi pada ahlinya.


Jodoh memang ada di tangan Tuhan, namun memiliki anak atau keturunan merupakan salah satu goal dari sebuah hubungan. Makanya, pikirkan matang-matang mengenai siapa yang cocok menjadi jodoh Anda ya!

Relationship, Health

LEAVE A COMMENT


BACK
TO TOP