Biaya Nikah Naik, Jomblo yang Sabar Ya!

Foto: dok. Istimewa

Bagi Anda yang sudah berencana menikah, maka lakukanlah secepatnya. Pasalnya, biaya pernikahan setiap tahunnya naik, apalagi bagi Anda yang menginginkan pernikahan yang intimate.

Misalnya saja, pernikahan mewah a la crazy rich di hotel bintang lima bisa menghabiskan lebih dari Rp 1 miliar hanya untuk biaya pestanya saja, belum termasuk gaun dan keperluan lainnya. Tak hanya itu, Anda juga harus memikirkan biaya katering dan gedung yang terus menanjak naik.

Kenaikan biaya pernikahan ini juga dipengaruhi oleh permintaan venue, katering dan segala hal dalam pernikahan yang terus meningkat setiap tahunnya. Dengan permintaan yang terus meningkat membuat industri wedding ini juga terus tumbuh.

Sekadar informasi, sejauh ini belum ada data yang akurat mengenai berapa rata-rata biaya pernikahan di Indonesia. Namun, isu ini sudah banyak mengemuka dengan banyaknya pernikahan yang berlatar gedung mewah di Indonesia.

Ternyata, tak hanya di Indonesia saja yang mengalami kenaikan biaya pernikahan. Faktanya, biaya pernikahan di Hong Kong juga naik kira-kira 10 % dibanding tahun-tahun sebelummnya. Perkiraan biaya pernikahan di Hong Kong adalah sekitar Rp 645 juta. Hal ini membuat Hong Kong sebagai negara dengan biaya hidup termahal di dunia.

Kenaikan biaya pernikahan ini dipengaruhi oleh gaya hidup dan perusahaan e-bisnis ESD Life di Hong Kong. Kondisi ini sangat memprihatinkan. Bagaimana tidak, kondisi ini bisa membuat muda-mudi di Hong Kong tidak ingin menikah atau menunda pernikahannya.

Kondisi ini juga membuat orang-orang di Hong Kong yang ingin menikah harus membayar biaya pernikahannya sendiri jika ingin mengadakan pesta. Jika ingin mengadakan pesta pernikahan yang unik dan berbeda dari yang lain, maka mereka harus menggelontorkan biaya lebih lagi dari biaya awal.

Tak hanya Indonesia dan Hong Kong yang mengalami peningkatan biaya pernikahan setiap tahunnya, tapi negara tetangga Singapura pun begitu. Bahkan penelitian menyebutkan bahwa kenaikan biaya pernikahan Singapura lebih cepat daripada laju inflasinya.

Rata-rata biaya pernikahan Singapura menembus angka Rp 347 juta hingga Rp 800 juta. Biaya tersebut sudah mencakup mas kawin, resepsi dan bulan madu.

Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan agar bisa meminimalisir biaya pernikahan Anda. Pertama, jangan jorjoran untuk pesta pernikahan saja. Anda harus ingat bahwa kehidupan baru Anda baru saja akan dimulai. Jadi, jangan menghabiskan dana hanya untuk pesta saja.

Kedua, jangan latah menikah meriah. Tidak perlu mengikuti segala yang sedang tren. Anda perlu melihat keungan Anda dan pasangan apakah sanggup untuk membuat pernikahan mewah atau tidak. Jangan sampai diakhir pesta, Anda dan pasangan malah repot melunasi hutang pesta pernikahan.

Bila ini sudah terjadi, biasanya yang repot bukan hanya Anda dan pasangan, tapi keluarga bahkan teman terdekat biasanya juga akan direpotkan dengan pinjaman Anda ini.

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP