message

Cara Mendapatkan Sunset Sempurna untuk Foto Pre-Wedding

 

Foto: Freepik


Matahari terbenam atau sunset memang salah satu objek yang sering diburu fotografer, karena sunset memiliki pesona yang menakjubkan. Banyak sekali yang menjadikan sunset sebagai latar belakang foto, termasuk untuk foto pre-wedding. Untuk mendapatkan sunset, memang gampang-gampang susah karena Anda perlu untuk berada di titik di mana warna jingga terlihat penuh. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut.


Lokasi
Anda perlu meriset di mana saja lokasi tempat senset terlihat. Setelah itu, barulah Anda bisa mengecek beberapa spot untuk pengambilan gambar tersebut. Anda bisa melihat foto dari fotografer-fotografer yang sudah ke sana untuk memberikan referensi pemotretan.


Gunakan Tripod
Anda bisa menggunakan tripod saat ingin mengambil sunset karena tripod bisa mengurangi getaran. Alasannya, momen sunset adalah momen minim cahaya, makanya harus mendapatkan exposure yang tepat.


Percantik Objek
Untuk membuat foto lebih berdimensi, Anda bisa menambahkan foreground. Jika tidak ingin terlihat siluet, maka Anda harus memberikan flash atau cahaya tambahan. Anda juga bisa memberikan filter untuk membuat gradasi cahaya yang lebih apik. Hasilnya akan tampak lebih dramatis.


Gunakan White Balance
Lebih tepatnya, Anda bisa menggunakan white balance cloudy untuk membantu Anda memotret dalam cuaca mendung atau minim. Dengan ini, Anda bisa memperkuat warna kuning kecoklatan pada warna matahari. Jika tidak menggunakan kamera profesional, Anda bisa saja menggunakan kamera smartphone, karena pengaturan ini sudah ada di sana.


Perhatikan Cahaya
Jika Anda merasa sudah mendapatkan cahaya sunset yang sempurna, jangan berhenti untuk memotretnya. Jangan terburu-buru untuk menyudahi pemotretan saat Anda melihat cahaya melewati garis horizon karena cahaya sunset yang baru tenggelam akan menampilkan cahaya yang tak kalah indahnya.


Demi memudahkan Anda memilih lokasi pengejaran sunset untuk pre-wedding, berikut beberapa rekomendasi lokasinya.


1. Pantai Pulau Merah
Pantai merupakan lokasi yang tepat untuk Anda mendapatkan sunset sempurna, begitupun pantai yang berada di Banyuwangi, Jawa Timur ini. Dinamai Pantai Pulau Merah karena ada gundukan yang kalau airnya surut, akan tampak tanah kemerahan.


2. Tanah Lot
Pura yang sering digunakan untuk ritual keagamaan ini juga cocok sebagai lokasi pre-wedding Anda. Dari atas tebingnya, akan terlihat pemandangan pantai yang mengagumkan dan akan disempurnakan oleh warna jingga sunset.


3. Keraton Ratu Boko
Keraton Ratu Boko merupakan candi yang letaknya tak jauh dari Candi Prambanan di Sleman, Yogyakarta. Jika Anda berkunjung sore hari ke sini, Anda tidak akan mau melewatkan keanggunan sunset yang tiada duanya.


Selamat berburu sunset ya!

Photography & Videography, Prewedding

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP