Cara Menentukan Bridesmaid dan Groomsmen di Pernikahan

Foto: dok. Freepik


Pendamping pernikahan atau biasa disebut bridesmaid dan groomsmen selalu hadir di pesta pernikahan. Selain mendampingi pengantin, bridesmaid dan groomsmen juga memiliki beberapa tugas lainnya yang tak kalah penting di pesta pernikahan. Oleh karena itu, tidak boleh sembarangan dalam memilih bridesmaid dan groomsmen.


Bila Anda bingung mencari siapa yang cocok dijadikan bridesmaid dan groomsmen, berikut beberapa cara agar Anda bisa mendapatkan pendamping yang terbaik di hari istimewa Anda.


Mulailah Memilih dari Pihak Keluarga
Jangan pusingkan diri Anda untuk mencari pendamping. Pilihlah dari orang yang paling dekat dan mengerti tentang kebiasaan Anda terlebih dahulu. Saudara kandung atau sepupu bisa Anda jadikan sebagai pilihan pertama.


Pilihlah dari Sahabat atau Teman Dekat
Selain keluarga, teman dekat atau sahabat juga bisa Anda sematkan tugas sebagai pendamping pengantin. Biasanya teman dekat juga tahu tentang kebiasaan-kebiasaan sampai rahasia Anda yang tidak diketahui orang lain selain sahabat. Oleh karena itu, sahabat bisa menjadi kandidat yang tepat untuk Anda jadikan sebagai pendamping pernikahan.


Pilihlah yang Berusia Sama
Pendamping haruslah menjadi orang yang bisa diandalkan bagi sang pengantin. Dengan memilih orang dengan usia yang terpaut tidak terlalu jauh, Anda dan pendamping tidak akan sungkan satu sama lain. Pun Anda akan lebih luwes berkomunikasi dengan si pendamping saat meminta pendapatnya.


Pilihlah yang Akur
Biasanya pendamping pernikahan akan lebih dari satu orang. Makanya, Anda harus berhati-hati saat memilih mereka karena mungkin ada beberapa dari mereka yang belum kenal satu sama lain. Dengan sifat orang yang juga berbeda-beda, Anda harus bisa memilih pendamping yang memiliki sifat gampang bersosialisasi dengan orang baru. Hal ini demi menghindari terjadinya kesalahpahaman.


Jaga Perasaan Orang Sekitar
Memang sedikit sulit menentukan kandidat pendamping pernikahan karena Anda pasti berpikir ingin menjadikan semua orang-orang yang dekat hadir di hari bahagia Anda sebagai pendamping. Apalagi yang memiliki banyak teman di tempat atau organisasi berbeda.


Solusinya, Anda bisa menentukan berapa jumlah pendamping yang paling ideal, misalnya 2 saudara kandung atau sepupu dan 2 orang teman dekat, bahkan bisa lebih atau kurang sesuai dengan keinginan Anda dan pasangan.


Cek Budget
Mungkin budget ini juga tergantung budaya atau kebiasan lingkungan dan daerah masing-masing. Di luar negeri, pendamping pernikahan masing banyak yang menggunakan biaya sendiri untuk tugasnya ini. Namun di Indonesia biasanya kebutuhan pendamping dibiayai oleh pengantin. Jadi, Anda perlu membicarakan hal ini dengan pasangan serta pendamping Anda, bagaimana baiknya. Semua tergantung Anda dan pasangan sendiri.


Sebenarnya, ingin menggunakan pendamping atau tidak maupun jika Anda memilih hanya menggunakan satu orang pendamping saja, keputusannya ada di tangan Anda dan pasangan. Tidak ada yang mengharuskan Anda memiliki pendamping ataupun tidaknya di hari pernikahan. Jadi, apapun keputusannya, semoga pernikahan Anda bisa berlanjut hingga maut memisahkan.

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP