message

Cara Mudah Punya Rumah Impian Sebelum Menikah

 

Foto: dok. Freepik

Sekarang, punya rumah impian sebelum menikah sudah bukan sekadar angan-angan lagi. Anda akan bisa nyaman beristirahat di rumah impian setelah lelah beraktivitas seharian di luar rumah.

Apakah Anda tahu alasan mengapa harus memiliki rumah sebelum menikah? Alasan pertama adalah kekhawatiran akan ketersediaan lahan, apalagi di daerah perkotaan. Alasan lainnya yaitu semakin tingginya harga properti dari tahun ke tahun.

Jangankan di daerah perkotaan, daerah pinggiran saja saat ini harganya tak jauh lebih murah dari daerah perkotaan. Tak bisa dibayangkan berapa harga properti beberapa tahun ke depan.

Jangan salah, memiliki rumah sebelum menikah akan memberikan energi positif bagi Anda. Mental Anda sudah akan siap berumah tangga karena dengan tinggal sendiri, otomatis Anda akan menjadi kepala rumah tangga. Anda sendiri yang akan mengurus semua kebutuhan hidup, kebersihan, kerapihan dan lainnya. Dengan begitu, Anda akan lebih mandiri.

Memiliki rumah sebelum menikah juga merupakan bentuk investasi Anda terhadap masa depan. Anda akan dituntut untuk selalu menyisihkan sebagian penghasilan melalui kepemilikan rumah tersebut.

Satu lagi hal positif yang akan Anda terima jika memiliki rumah sendiri sebelum menikah adalah, orang akan beranggapan bahwa Anda sudah matang dalam segala aspek dan siap untuk berumah tangga ke depannya. Untuk mewujudkan semua hal itu, Anda perlu menerapkan beberapa kiat ini agar bisa memiliki rumah sebelum menikah.

  1. Memiliki Tabungan

Jangan jadikan memiliki rumah sebelum menikah hanya sekadar angan-angan yang tak akan bisa digapai, namun jakdikanlah sebagai impian yang harus bisa Anda wujudkan. Salah satunya dengan menabung. Jadikanlah hal ini sebagai prioritas dan jangan membuang-buang uang untuk hal-hal yang tidak penting.

Jika Anda sudah memiliki pasangan, menabung bisa dilakukan dari sebelum menikah bersama pasangan. Lakukanlah dengan konsisten agar tabungan bisa bertambah dan bisa digunakan untuk membayar down payment (DP) rumah impian Anda dan pasangan.

Foto: dok. Freepik

  1. Survei Harga Rumah

Disamping menabung, Anda juga harus melakukan pengecekan harga-harga rumah beserta lokasinya. Jika Anda belum sanggup membeli rumah di tengah kota, jangan berkecil hati dengan rumah pinggir kota karena yakinlah beberapa tahun lagi, pinggiran kota akan ramai penduduk.

Opsi kedua, Anda bisa membeli rumah bekas dengan harga yang pastinya relatif lebih murah dibandingkan rumah baru. Anda bisa merenovasinya seperti rumah impian Anda.

  1. Kredit Rumah

Tidak ada salahnya Anda membeli rumah dengan cara kredit bila belum mampu membeli secara tunai. Anda bisa memilih dengan cara KPR dengan membayar uang muka sebesar 30% dari harga rumah. Setelah itu, Anda bisa mencicil dengan batasan 20-30% dari penghasil setiap bulannya.

Bila ingin cara yang lebih mudah, Anda bisa memakai KPR dengan subsidi dari pemerintah. Selain cicilannya yang ringan, DP nya juga lebih kecil daripada KPR umum.

  1. Kerja Sampingan

Coba hitung-hitung lagi berapa persen Anda bisa menyisihkan sebagian penghasil untuk membeli rumah. Jika dirasa belum cukup, Anda bisa mengambil kerja sampingan yang akan menambah tabungan Anda. Apalagi jika Anda masih muda dan cukup tenaga dengan belum ada tanggungan, jangan malas untuk melakukan hal yang bermanfaat.

Relationship, Financial Planning, Tips dan Trik

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP