message

Cermat Memilih Menu dan Menghitung Porsi Katering di Pernikahan

 

Foto : Instagram Culture Royale Catering

Salah satu hal paling penting yang harus diperhitungkan dalam persiapan pernikahan adalah sajian makanan atau katering. Bila Anda dan pasangan merupakan pasangan calon pengantin dengan dana tidak terbatas, tentu saja tidak masalah akan menghadirkan menu makanan apapun di hari istimewa Anda. Karena menjamu dan menyenangkan tamu adalah sebuah kehormatan dan kewajiban bagi Anda sebagai tuan rumah. Akan tetapi bagaimana bila Anda memiliki dana yang cukup terbatas? Hal ini tentu menjadi masalah yang cukup serius.

Lalu bagaimana cara Anda mensiasati porsi makanan agar dapat menyenangkan tamu undangan, tapi tidak harus membuat anggaran membengkak jauh melebihi kemampuan? Yuk, kita simak caranya:

  1. Buffet atau Prasmanan

Foto : Dok. Nendia Primarasa Catering

Satu hal penting dan paling mendasar yang harus Anda ketahui mengenai porsi katering pernikahan adalah, Anda harus menghitung porsi katering dua kali lipat dari jumlah undangan yang Anda sebar. Misalkan Anda menyebar 500 undangan, maka diperkirakan tamu yang akan datang sekitar 1000 orang (500 undangan x 2 orang). Bahkan bisa lebih bila tamu Anda adalah sepasang suami isteri yang membawa setidaknya satu orang anak.

Untuk menghitung sajian prasmanan, sebaiknya alokasikan sekitar 60% dari total jumlah tamu, sehingga sekitar 600 porsi makanan berat atau buffet. Susunan menu pun sebaiknya bervariasi mulai dari 5 menu mencakup karbo seperti nasi putih atau nasi goreng, sayuran seperti cah brokoli, juga protein seperti ikan asam manis atau sapi lada hitam dan sebagainya, yang tentu saja sudah Anda pastikan rasanya memang pantas untuk disajikan. Dengan demikian para tamu undangan pun dapat menikmati makanan dengan puas.

  1. Pondokan atau Food Stall

Foto : Instagram Puspa Catering

Sebelum menghitung porsi makanan pondokan, tentukan dulu menu apa saja yang akan Anda sajikan. Jenis menu pada food stall atau pondokan umumnya dibagi menajdi dua jenis, yaitu makanan ringan dan makanan berat atau gabungan keduanya.

Untuk menu pondokan, sebaiknya siapkan makanan sebanyak 40% dari total jumlah tamu kemudiann dikalikan lima (40% dari 1000 orang) x 5 = 2000 porsi makanan. Dari 2000 porsi makanan ini dapat dibagi menjadi 10 macam menu pondokan yang masing-masingnya terdiri dari 200 porsi. Anda juga bisa memadukan antara makanan berat seperti nasi bakar, nasi bogana, nasi gudeg, lontong balap, dan beragam menu berat lain, dengan makanan ringan seperti sushi, pempek, siomay, dimsum, kambing guling, cream soup atau zuppa soup, bakso dan lainnya. Dengan demikian selain menarik dan beragam, para tamu pun merasa kenyang dengan menu yang tersaji.

  1. Memilih Katering

Foto : Instagram Culture Royale Catering

Sebelum Anda memilih menu pastikan Anda memilih vendor katering yang tepat. Cari referensi mengenai vendor tersebut di berbagai situs pernikahan seperti weddingku.com, lihat apakah review dari para pengantin yang pernah menggunakan jasa mereka cukup baik dan memuaskan?

Selain itu satu hal yang pasti harus Anda lakukan adalah food tasting. Pastikan katering Anda dapan menjamin rasa makanan mereka akan tetap stabil berapapun jumlah porsi yang mereka siapkan. Tanyakan juga spesialisasi makanan yang mereka miliki. Dengan memilih menu andalan mereka, sudah pasti rasa makanan tersebut terjamin dan mampu memuaskan para tamu.

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP