Hanya Istri yang Paham Hal-hal Ini!

 

Foto: Freepik


Apakah Anda tahu alasan mengapa sang istri sering segan atau tidak betah tinggal bersama mertuanya? Jangan cepat menyalahkan, karena ada beberapa hal yang hanya bisa dimengerti oleh sang istri terkait ketidak betahannya tersebut.


Tidak semua orang bisa cepat beradaptasi dengan orang baru, pun istri Anda. Anda harus memahami terlebih dahulu karakteristik sang istri karena jika istri Anda adalah orang yang pemalu, besar kemungkinan setelah mandi dengan penampilan rambut yang masih basah setiap pagi saja dia akan malu dan merasa segan terlihat seperti itu di hadapan mertuanya.


Walaupun mertua akan mengerti dengan kebutuhan Anda dan sang istri, namun hal ini akan menjadi masalah bagi istri Anda yang pemalu. Dia akan merasa risih dan tidak enak hati bahkan akan malu jika tenyata sang mertua mengetahui dan mengatakan maksud dari istri Anda membasuh rambut setiap hari.


Selain itu, pastinya yang tak kalah rumit adalah masalah finansial. Istri yang biasanya mengatur segala keuangan rumah tangga, akan dirumitkan dengan pengeluaran jika berada di rumah mertua. Istri akan kebingungan dengan jumlah pengeluaran yang akan dibayarkan, apalagi belum ada obrolan mengenai hal ini sebelumnya.


Beberapa mertua akan membebaskan anak dan menantunya tinggal bersama tanpa ada biaya yang dikeluarkan, kecuali untuk urusan pribadi. Namun, tak sedikit pula mertua yang menyetir segala hal mengenai pengeluaran di rumah tersebut. Hal ini yang sering membuat istri Anda galau.


Selain finansial, ada lagi alasan lain kenapa sang istri segan berada serumah dengan mertua. Istri Anda juga merasa tidak bebas bersuara seperti mengeluarkan pendapat ataupun bersuara mengenai hal intim. Bagaimanapun, sang istri masih merasa menumpang di rumah orang lain. Pasti dia takut akan mengganggu orang lain.


Belum lagi jika sudah memiliki anak, pastinya akan ada perbedaan cara mengasuh anak karena berasal dari keluarga dan lingkungan yang berbeda juga. Jadi, jika mertua mengatakan A, sedangkan menantu mengatakan B, menantu akan sungkan untuk menolak cara mertuanya tersebut.


Mendapatkan mertua yang cerewet juga menjadi salah satu alasan kenapa istri Anda sungkan tinggal serumah dengan mertua. Hal ini hanya bisa dimengerti oleh istri Anda karena biasanya Anda akan pergi bekerja dan meninggalkan istri di rumah bersama mertuanya. Beruntung jika sang istri juga berkarir di luar, jika tidak maka akan sering terkena imbasnya.


Alasan lainnya, mertua seringkali ikut campur urusan Anda dengan sang istri padahal seharusnya urusan tersebut bisa diselesaikan oleh Anda dan istri saja. Berhubung masih tinggal dengan mertua, kadang mertua tidak sengaja ikut campur urusan Anda dan istri.


Tinggal bersama mertua juga kadang membuat istri tidak bebas bergerak, seperti alasan di atas yang segan tampak berkeramas setiap hari karena urusan biologis. Selain itu, istri juga sungkan untuk bermalas-malasan. Padahal, ada kalanya setiap orang ingin menghabiskan waktu dengan tidak melakukan apa-apa dan hal ini hanya bisa dilakukan di rumah sendiri. Jika berada di rumah mertua, hal ini akan tidak enak dilakukan.


Sebenarnya, segala hal akan mudah dilakukan jika tahu batas-batasnya. Mertua tahu batasnya sebagai mertua dan menantu juga tahu batas-batasnya sebagai menantu.

Relationship, Serba-serbi Pernikahan

LEAVE A COMMENT


BACK
TO TOP