Blog + Ideas

6 Tips To Pick The Perfect Wedding Rings

by   1113
 

Dari sekian banyaknya model cincin yang memukau saat ini, tidak heran banyak calon pengantin yang kebingungan memilih cincin pernikahan. Apalagi cincin kawin adalah perhiasan yang akan dikenakan sepanjang sisa hidup mereka. Nah, jika Anda sedang bingung mencari cincin kawin, yuk baca dulu tips-tips memilih cincin berikut!

Tips To Pick Your Rings #1
Narrow Down Your Wedding Ring Choices
Yang mana yang lebih Anda inginkan? Berlian atau batu permata, platinum atau emas? Mempersempit pilihan cincin kawin memang cukup membingungkan. Tapi Anda bisa mulai melakukannya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana seperti: Anda lebih suka model cincin yang sederhana atau yang ada banyak hiasan disekitarnya? Apakah Anda ingin menyamakan model cincin kawin dengan cincin tunangan Anda? Apakah Anda ingin model cincin kawin Anda serasi dengan model cincin pasangan Anda?

Tips To Pick Your Rings #2
Start Your Ring Search Early
Begitu Anda sudah mendapatkan bayangan seperti apa cincin kawin yang Anda inginkan, berikutnya adalah saat yang paling menyenangkan: berburu cincin kawin! Sediakan waktu dua sampai tiga bulan sebelum hari H untuk mengunjungi toko-toko perhiasan. Jangka waktu tersebut adalah untuk melihat-lihat, membandingkan harga, dan menimbang kembali cincin yang menarik perhatian Anda. Jika Anda ingin model cincin yang custom, Anda mungkin akan memerlukan waktu yang lebih lama lagi. Dan ingat lah, menambahkan ukiran nama pada cincin membutuhkan waktu kurang lebih sebulan.

Tips To Pick Your Rings #3
Mix It Up
Jangan khawatir jika si dia menyukai emas kuning, sedangkan Anda lebih menyukai platinum. Tidak ada peraturan yang mengatakan bahwa Anda harus memililh jenis logam yang sama. Anda bisa mengatasi perbedaan selera tersebut dengan tambahan lingkaran kecil di tengah yang menjadi pemersatu kedua logam yang berbeda tersebut, atau gabungkan saja kedua logam tersebut menjadi cincin yang unik! Kuncinya adalah pilihlah cincin yang sama-sama kalian sukai dan mencerminkan kepribadian Anda dan pasangan.



Tips To Pick Your Rings #4
Set a Budget
Pilihlah cincin kawin dengan harga kira-kira 3% dari total bujet pernikahan Anda. Tergantung berdasarkan toko perhiasannya, namun cincin emas polos 14 karat atau cincin platinum saja berada di kisaran harga 10 juta rupiah. Tambahan hiasan seperti berlian atau ukiran akan secara otomatis menambah harga cincin tersebut, jadi tambahkan bujet cincin Anda jika ada keinginan untuk mem-personalisasi cincin. Harga ukiran biasanya tergantung pada jumlah huruf, font yang dipakai, dan apakah diukir dengan menggunakan mesin atau tangan (menggunakan tangan biasanya lebih mahal).

Tips To Pick Your Rings #5
Keep Your Lifestyle in Mind
Ingatlah Anda akan memakai cincin ini setiap hari, jadi golnya adalah memilih sesuatu yang akan menjadi bagian hidup Anda. Jika Anda adalah seorang olahragawan atau pemain instrumen, pilihlah cincin yang lebih tipis. Jika pekerjaan Anda banyak menggunakan tangan, Anda bisa memilih cincin yang lebih sederhana dan terbuat dari logam yang kuat, serta hindari penggunaan batu permata yang gampang copot. Jika Anda adalah orang yang super aktif, pilihlah cincin platinum yang sangat tahan lama.

Tips To Pick Your Rings #6
Try Something Different
Anda mungkin datang ke toko perhiasan dengan bayangan cincin rose gold atau cincin berlian eternity yang sangat Anda impikan di dalam kepala Anda. Tapi cobalah beberapa cincin yang tidak ada di dalam gambaran inspirasi Anda ketika berada di toko perhiasan. Mintalah pendapat dari tukang perhiasan mengenai cincin apa yang sesuai, berdasarkan kesukaan Anda dan gaun yang nanti dikenakan. Siapa tahu Anda menemukan model cincin yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya.

Foto: Dok. Istimewa

Wedding Ring, cincin kawin, Wedding Planning

LEAVE A COMMENT

Go to top