Ide Unik Boutonniere sebagai Hiasan Jas Pernikahan

Foto: dok. Freepik


Boutonniere berasal dari bahasa Perancis yang berarti lubang kancing, berukuran kecil yang bisa disematkan satu hingga tiga bunga di kerah jas pada pesta pernikahan. Aksesori jas pria ini tak hanya bisa disematkan pada jas pengantin pria saja, tapi bisa juga dikenakan oleh bestmen dan orang tua pria dari kedua mempelai.


Aksesori mini yang melekat pada jas pria ini sering sekali terlupakan padahal memberikan kesan manis pada jas. Boutonniere sangat cocok bagi pria yang ingin tampil simple namun tetap terlihat stand out di hari pernikahannya.


Biasanya, boutonniere dibuat dari kumpulan bunga yang diikat dengan pita menjadi mini buket. Lalu disematkan di kerah jas pria. Anda bisa memilih bunga kesukaan dan menyesuaikan warna dari bunga-bunga pilihan Anda tersebut.


Namun dengan perkembangan zaman, boutonniere memiliki tampilan yang beragam. Mulai dari yang sederhana hingga yang bisa dibuat sesuai keinginan Anda, sesuai dengan tema pernikahan atau bahkan menyesuaikan dengan sang pengantin wanitanya.


Foto: dok. Freepik

Anda bisa menggunakan bunga kering untuk dijadikan boutonniere. Bila ingin lebih unik, Anda bisa menggunakan bunga yang jarang dipakai untuk pernikahan. Menggunakan bunga kering sebagai boutonniere sangat cocok digunakan jika Anda menggunakan tema rustic untuk pernikahan.


Ingin ide yang lebih unik, Anda bisa menggunakan boutonniere berbentuk binatang laut seperti bintang laut bila pernikahan Anda diadakan outdoor di tepi pantai. Dengan menggunakan boutonniere seperti ini, Anda akan menjadi pusat perhatian di hari bahagia Anda.


Jika Anda ingin berpesta sekaligus ingin mengkampanyekan gerakan peduli lingkungan, bisa saja dengan menggunakan boutonniere berbahan ramah lingkungan atau bahan hasil daur ulang seperti potongan karung goni yang sudah diwarnai sesuai keinginan lalu digabungkan dengan bunga-bunga pilihan Anda juga. Ide lainnya, Anda bisa menggunakan tutup botol yang juga bisa dikombinasikan dengan bunga pilihan.


Adapun ide lainnya, Anda bisa menyesuaikan hobi Anda untuk dijadikan boutonniere karena boutonniere tak harus memakai bunga. Misalnya, Anda senang bermain gitar, bisa menggunakan miniatur gitar sebagai boutonniere. Jika Anda senang mengoleksi mobil jadul, Anda bisa menggunakan miniatur mobil jadul sebagai boutonniere.

Foto: dok. Istimewa


Boutonniere tanpa bunga lainnya, Anda bisa memakai bros berbahan metal yang berbentuk binatang kesukaan Anda misalnya kucing atau anjing bahkan ikan sekalipun. Bisa juga sekadar menggunakan bros metal berbentuk lambang yang Anda sukai namun dengan warna yang mencolok seperti hitam metalik, gold atau silver.

Foto: dok. Istimewa


Jika Anda khawatir akan repot menemukan boutonniere yang bisa disesuaikan dengan pilihan Anda, tenang saja saat ini sudah banyak vendor yang menyediakan jasa membuat boutonniere sesuai keinginan Anda. Walaupun sering tak terlihat dan sangat kecil ukurannya, namun boutonniere bisa menjadi pusat perhatian bila dipikirkan lebih maksimal.

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP