Ilmu yang Wajib Dipelajari Sebelum Anda Menikah

Foto: Freepik


Tentu menikah bukan hanya perkara cinta dan pesta pernikahan saja. Pernikahan lebih dari itu. Salah satunya bisa hidup damai dengan pasangan seumur hidup Anda. Tak mudah bisa hidup dengan pasangan yang sebelumnya bukan dari keluarga, tapi Anda sudah harus bisa menganggapnya seperti keluarga sendiri. Makanya, Anda perlu ilmu-ilmu penting berikut ini.


Ilmu tentang bagaimana cara membuat resepsi pernikahan dengan bijak
Bagaiamanapun konsep pernikahan Anda, mau mewah atau hanya ingin melangsungkan pesta pernikahan sederhana, Anda tetap harus mempersiapkannya dengan matang. Pesta harus disesuaikan dengan kondisi Anda sendiri, jangan memaksakan hal yang tidak mungkin atau yang akan memberatkan nantinya. Anda harus bisa mengambil makna dari pesta pernikahan itu.


Ilmu tentang seks dan kesehatan reproduksi
Salah satu tujuan dari pernikahan adalah memenuhi kebutuhan seks sebagai manusia. Bukan hanya sebagai kebutuhan, tapi seks juga bisa menambah keharmonisan hubungan Anda dengan pasangan. Makanya, Anda perlu untuk mengetahui bagaiman posisi yang diinginkan pasangan hingga menghitung kapan masa subur Anda dan pasangan.


Ilmu tentang hukum pernikahan
Di Indonesia sendiri, hukum pernikahan biasanya terbagi menjadi dua yakni hukum negara dan hukum agama. Sebagai warga negara yang baik dan supaya pernikahan Anda bisa diakui negara, maka Anda harus mengikuti peraturan menikah secara hukum negara. Dan sebagai umat yang beragama, Anda juga harus paham bagaimana sahnya pernikahan menurut agama yang Anda anut.


Ilmu tentang bagaimana menyeimbangkan karir dan rumah tangga
Jika Anda sudah menikah, tentu yang dipikirkan bukan hanya diri sendiri lagi, tapi ada orang lain yang harus dipikirkan. Anda juga tak bisa hanya memikirkan karir saja karena ada pasangan yang juga harus dipikirkan. Inilah sebabnya Anda harus punya ilmu bagaimana cara menyeimbangkan kehidupan pekerjaan dengan rumah tangga agar bisa seimbang.


Ilmu tentang cara mengatur keuangan rumah tangga
Uang adalah salah satu hal yang sangat sensitif untuk dibahas. Mungkin sebelum Anda menikah, keuangan bisa diatur sendiri dengan mencari uang sendiri, menggunakannya sendiri dan menyisihkannya sendiri sesuka hati.


Beda lagi jika Anda sudah menikah. Anda harus bisa mengatur pemasukan dan pengeluaran keluarga, bagaimana cara berinvestasi dan menabung untuk keperluan keluarga kelak dan masih banyak lagi hal yang perlu Anda ketahui mengenai keuangan keluarga ini. Sebab itu sebelum menikah, Anda harus bisa mulai mempelajari mengenai hal ini ya!


Ilmu tentang dasar memasak
Bila Anda tidak terlalu pandai memasak, Anda perlu mengetahui dasar-dasar dalam memasak. Misalnya, bagaimana cara mengupas bawang, mengupas buah, bagaimana cara menyalakan kompor dan menyiapkan sarapan sederhana. Jangan sampai Anda tak mengetahui apapun perihal memasak setelah menikah ya.


Ilmu tentang berhubungan dengan keluarga
Pernikahan bukan hanya penyatuan dua insan saja, tapi juga dua keluarga. Anda harus tau bagaimana berhubungan dengan keluarga pasangan layaknya berhubungan dengan keluraga sendiri. Anda juga harus mengetahui batasan-batasan yang hanya bisa dikonsumsi oleh Anda dan pasangan, tanpa diketahui oleh keluarga lainnya sekalipun.


Apakah ilmu-ilmu di atas sudah Anda pelajari sebelum menikah?

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP