Ingin Bernegosiasi Dengan Vendor Wedding? Bisa Saja!

Anda sedang dalam proses mempersiapkan pesta pernikahan dan mencari vendor-vendor yang dapat membantu mewujudkan pesta impian Anda. Kira-kira Anda sudah membayangkan vendor-vendor mana saja yang akan Anda hubungi untuk bisa membantu pesta pernikahan Anda. Di jaman era baru ini, Anda mungkin akan menelpon mereka, melakukan meeting lewat Zoom, atau dengan perjanjian datang ke tempat mereka. Pemilihan vendor yang tepat pastinya akan menenangkan hati Anda berdua karena tahu akan kualitas dan profesionalitas mereka yang pasti akan membuat pesta pernikahan Anda berjalan lancar.

Bujet menjadi hal penting yang perlu Anda berdua pikirkan dan dalam mempersiapkan pesta pernikahan Anda berdua kan mencari vendor pernikahan yang sesuai dengan bujet yang telah dipersiapkan. Lalu bisakah Anda bernegosiasi dengan vendor pernikahan untuk mendapatkan harga, produk, atau layanan terbaik? Kenapa tidak? Namun, tentunya ada beberapa aturan yang harus Anda ketahui sebelum bernegosiasi.

Tema Pernikahan

Pertama. Anda perlu tahu seperti apa pesta pernikahan yang Anda inginkan untuk memilih vendor yang sesuai dengan tema pesta yang telah Anda pilih. Gaya atau style dari produk atau layanan yang ditawarkan bisa sama, tapi cara eksekusi, karakter, dan hasilnya pasti tidak akan sama. Jadi tentuka dulu tema, warna, dan gaya pesta pernikahan yang Anda impikan, lalu sesuaikan dengan vendor yang akan Anda cari untuk merealisasikan tema pesta Anda.

Bagaimana dengan Bujet Anda

Anda juga perlu menyusun berapa besar bujet yang akan Anda sediakan untuk pesta pernikahan Anda. Dengan adanya estimasi bujet, vendor pernikahan yang Anda cari kira-kira akan menawarkan layanan atau produk yang di sekisaran angka bujet Anda. Tentu saja bujet penting untuk ditentukan karena vendor pun pasti akan bertanya “berapa bujet Anda?” Kecuali Anda mempunyai bujet yang tak terbatas.

Menghormati Vendor

Saling menghargai adalah kunci terbaik dalam hubungan antara Anda dan vendor pernikahan. Cari tahu reputasi dan pengalaman vendor di industri pernikahan, jangan langsung meminta potongan harga tanpa Anda mencari tahu. Anda harus mengerti kualitas yang akan Anda dapatkan dan memutuskan apakah hal tersebut sesuai dengan harga yang diberikan. Wedding adalah salah satu industri kreatif terbesar oleh karena itu layak untuk menghargai hasil karya vendor-vendor pernikahan yang Anda hubungi karena mereka akan mengerahkan kreativitas mereka untuk pesta Anda.

Jangan Membandingkan

Untuk mendapatkan harga yang lebih rendah, jangan membanding-bandingkan vendor potensial Anda dengan vendor lain. Membandingkan vendor satu sama lain bukanlah etika terbaik untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan keinginan Anda. Bukan tidak mungkin sesama vendor saling mengenal satu dan lainnya.

Minta Tambahan?

Jika Anda telah bernegoisasi untuk mendapatkan harga yang pas tapi tidak mendapatkan angka yang cocok, mungkin Anda dapat meminta tambahan kuantitas atau jenis dari jasa dan produk yang ditawarkan. Semacam added value. Mungkin vendor potensial Anda pun dapat menyetujui permintaan Anda daripada harus menurunkan harga yang ditawarkannya. Masing-masing mendapatkan win-win solution.

Semua foto dokumentasi: Weddingku

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP