Ingin Tahu Lebih Jauh Tentang Jas Pengantin? Simak Tips Dari Agus Lim

 

Pernikahan Alfred & Karina | Jas: Agus Lim | Foto: Cappio Photography

Salah satu tugas yang harus dilakukan oleh calon pengantin pria adalah mempersiapkan jas pengantinnya. Di saat persiapan pernikahan biasanya terfokus oleh persiapan calon mempelai wanita dibanding dengan si pria, diharapkan calon pengantin pria juga akan memerhatikan penampilannya dengan mengenakan jas yang tepat. Umumnya, pria tidak terlalu peduli dengan jas yang akan dikenakan di hari pernikahannya. Namun, penting bagi mereka untuk mengerti bagaimana pembuatan jas itu dari awal untuk memberi kepercayaan diri tampil maksimal di hari pernikahan mereka.

Buat banyak pria, jas pengantin adalah layaknya jas pria pada umumnya. Dibuat, dikenakan, dan mungkin akan menjadi kenangan. Walaupun tidak serumit gaun pengantin wanita yang menawarkan lebih banyak model, gaya, dan bahan yang terlihat lebih kompleks, pembuatan jas pengantin pria ternyata juga butuh teknik tersendiri untuk mendapatkan ukuran yang pas di tubuh Anda. Jas dengan ukuran dan potongan yang sempurna akan membuat Anda tampil maksimal kapan saja Anda memakai jas tersebut.

Untuk itu, di artikel kali ini, Agus Lim, salah satu pembuat jas yang namanya sudah begitu dikenal di industri pernikahan akan memberi penjelasan singkat dan berharga bagi para calon pengantin pria tentang teknik-teknik pembuatan jas yang perlu diketahui. Simak artikel berikut ini agar Anda bisa mengerti tentang bagaimana jas Anda dibuat.

Pernikahan Maverick & Venisia | Jas: Agus Lim | Foto: Iluminen

Ada berapa macam teknik pembuatan jas yang perlu diketahui?

“Ada dua macam teknik. Pertama disebut teknik full canvas construction suit. Teknik ini dikerjakan dengan cara interlining dijahit langsung di atas kain. Dengan teknik ini, jas akan terasa dan terlihat lebih fleksibel saat dikenakan,” jelas Agus Lim.

“Kelebihan dari teknik ini akan membuat jas terasa lebih ringan saat dipakai. Tapi ada juga kelemahannya. Waktu pembuatan cenderung lebih lama dan harganya mahal karena tidak semua bisa membuat jas dengan metode ini,” katanya lagi.

Kedua adalah fused cutting. Teknik ini melekatkan interlining langsung ke kain. Fused cutting lebih sering digunakan karena dapat diproduksi dengan waktu yang lebih singkat, oleh karena itu, metode pembuatan dengan cara fused cutting lebih banyak peminatnya. “Akan tetapi, salah satu kekurangan dari cara ini jas akan terasa tidak begitu lentur atau fleksibel saat dipakai. Namun, di sisi lain, teknik ini juga membuat jas terlihat lebih terstruktur,” lanjut Agus Lim.

Cutting apa yang sedang tren sekarang ini? Bagaimana dengan warna jas yang dipilih?

Agus Lim juga menjelaskan bahwa kedua metode yang diterangkan di atas dapat digunakan untuk semua bentuk tubuh pria. Namun tentunya, pengukuran ada tubuh harus tetap diutamakan ketepatannya agar sesuai dengan keinginan dan mendapatkan hasil akhir memuaskan untuk jas yang akan digunakan.

Cutting jas penangting yang sedang tren sekarang ini adalah slim cutting. Kenapa? Karena dengan cutting-an ini akan menjadikan tubuh si pengantin pria terlihat lebih ramping dan berbentuk,” Agus menjelaskan lebih jauh. Tentu saja, pemilihan warna juga harus diperhatikan dan disesuaikan dengan tema, lokasi, serta warna gaun pengantin si pengantin wanita.

Jas pria pada dasarnya tidak banyak mengalami banyak inovasi untuk itu karakter pemesan jas pengantin sekarang ini masih banyak dengan warna, cutting, dan model yang konservatif. “Tapi karena masa era baru sekarang ini dan pesta pernikahan banyak diadakan di ruang terbuka, gak sedikit juga pengantin yang memilih warna dan cutting yang lebih beragam, supaya bisa disesuaikan dengan lokasi acaranya,” tutur Agus Lim.

Disarankan pengantin memilih warna-warna klasik seperti hitam, abu-abu, biru, dan khaki. Warna lebih gelap seperti hitam dan abu-abu sangat direkomendasikan untuk acara indoor dan warna terang seperti biru dan khaki untuk acara di luar ruangan.

Tips dari Agus Lim untuk Para Calon Pengantin Pria

  1. Saat memilih bahan, tidak perlu berpacu pada harga tapi utamakan kualitas bahan yang akan digunakan.
  2. Pilihkah tailor yang dipercaya dan sudah berpengalaman.
  3. Hendaknya memilih cutting yang sesuai dengan bentuk tubuh Anda.

Di akhir pembicaraan, Agus Lim memberikan satu kata bijak yang mungkin bisa menjadi acuan para calon pengantin mendapatkan jas terbaik untuk hari paling bahagia mereka – The key to a good suit is that it is tailored to fit the man.

Jas Pengantin, Wedding Planning, Zaman Now, Tips dan Trik


LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP