message

Ini Alasan Wanita Harus Tetap Bekerja Setelah Menikah

 

Foto: Freepik


Setelah menikah, wanita akan dihadapkan pada dua pilihan, yakni menjadi ibu rumah tangga atau tetap bekerja. Menjadi ibu rumah tangga dan ibu bekerja tentu memiliki peran yang sama-sama mulia. Namun biasanya peran suami juga akan menentukan apakah wanita boleh tetap bekerja atau tidak. Hal ini pun tentu bisa dibicarakan baik-baik agar kedua pasangan.


Jika mendapatkan izin dari suami, beberapa wanita pun memilih untuk tetap bekerja dan melanjutkan karirnya. Wanita juga akan merasakan kebanggaan sendiri ketika bekerja dan punya penghasilan sendiri. Selain itu, ada alasan lain mengapa wanita harus tetap bekerja setelah menikah.


Membantu Perekonomian Keluarga
Sebagai kepala keluarga, suami memang memiliki tanggung jawab untuk memenuhi seluruh kebutuhan anak dan istri. Namun, di zaman yang sudah modern ini, posisi wanita dan pria sudah setara. Banyak pekerjaan yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga juga. Mencari nafkah bukan hanya kewajiban tunggal seorang suami. Justru istri dan suami adalah sebuah tim solid yang harus bahu membahu untuk memenuhi kebutuhan keluarga.


Mandiri Secara Finansial
Bekerja setelah menikah menjadi cara wanita untuk tetap mandiri secara finansial. Dengan begitu, wanita tidak hanya bergantung pada penghasilan suami. Wanita juga wajib memiliki tabungan agar setidaknya dapat membantu perekonomian keluarga jika suatu saat ada hal buruk terjadi.


Selain itu, memiliki pendapatan sendiri juga akan membuat seorang wanita lebih bebas menggunakan uangnya untuk kebutuhan sendiri dan anak kelak. Bayangkan ketika Anda telah menikah dan segera memiliki anak, uang yang dimiliki bisa dibelanjakan tanpa perlu meminta persetujuan suami. Berbeda jika hasil kerja keras sang suami yang gunakan secara impulsif untuk membeli mainan anak, tentunya harus dibicarakan terlebih dahulu, bukan?


Mempelajari Hal Baru
Sebagian besar wanita masa kini memang tidak kenal lelah untuk belajar. Bekerja setelah menikah juga merupakan sarana bagi mereka untuk tetap mempelajari hal baru. Jadi, uang bukanlah orientasi utama dalam bekerja. Proses-proses selama bekerja itulah yang dikejar agar dapat belajar secara terus-menerus.


Di samping itu, wanita bukan hanya bertugas mengurusi rumah tangga, melainkan juga mendidik anak-anaknya. Dengan bekerja, wanita mendapat banyak pembelajaran yang kelak bisa dipakai sebagai pedoman dalam mendidik anak. Pola pikir wanita juga menjadi lebih luas melalui bekerja.


Bersosialisasi dan Menambah Relasi
Saat bekerja, wanita memiliki kesempatan untuk membangun sosialisasi lebih luas. Hal inilah yang kerap menjadi alasan wanita tidak bisa begitu saja melepaskan pekerjaannya selepas menikah. Beberapa wanita mungkin belum siap jika harus lebih banyak menghabiskan waktu di rumah daripada mengerjakan sesuatu.


Bekerja juga akan membuat wanita terus produktif. Selain ada kepuasan tersendiri dan bisa menikmati uang gaji, wanita juga bisa tetap mempertahankan relasi. Anda tidak akan merasakan kesepian karena selalu di rumah setiap waktu. Ada teman-teman yang bisa diajak untuk bertukar pikiran dan memenuhi kebutuhan Anda sebagai mahkluk sosial.


Lebih Dihargai
Tidak sedikit ibu rumah tangga yang mendapatkan perlakuan tidak semestinya lantaran dinilai kurang produktif, padahal ibu rumah tangga juga memikul tanggung jawab yang berat. Namun dengan bekerja, setidaknya orang lain akan berpikir dua kali untuk meremehkan wanita.


Wanita juga akan merasa lebih mudah dihargai ketika mereka bekerja karena mampu menghasilkan uang sendiri tanpa harus selalu meminta kepada suami. Ini juga bisa menjadi salah satu cara agar wanita tetap bisa setara dengan pria.

Tips dan Trik, Serba-serbi Pernikahan

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP