Ini Lho Pahit-Manis Tinggal Serumah dengan Mertua

Foto: dok. Freepik

Seindah-indahnya rumah mertua, pasti Anda lebih nyaman tinggal di rumah sendiri. Lantas mengapa seperti itu ya? Simak alasannya di sini.

  1. Banyak Peraturan

Perasaan ini seringkali menjadi alasan pertama banyak menantu yang lebih memilih tinggal di rumah sendiri dibanding tinggal serumah dengan mertua, apalagi jika keluarga tersebut merupakan keluarga besar yang sudah memiliki peraturan sendiri sejak lama. Mau tak mau, Anda harus mengikuti aturan tersebut.

Sayangnya, jika Anda tidak terbiasa dengan peraturan tersebut, Anda akan merasa tidak nyaman dan merasa terkekang. Parahnya akan terjadi banyak drama yang tidak mengenakkan setiap saat.

Biasanya, kendala seperti ini terlahir karena Anda dan mertua merupakan pasangan beda generasi dengan perbedaan aturan hidup pula, namun tidak ada salahnya sedikit mengalah dengan mengikuti peraturan tersebut selama masih masuk akal. Siapa tahu peraturan tersebut akan berguna untuk Anda di masa akan datang.

  1. Tidak Ada Privasi

Sering kali sebagai menantu Anda merasa terbatas ruang gerak dan waktu atau merasa tidak bebas berada di rumah mertua. Bahkan mungkin jika ingin berduaan dengan suami-istri menjadi tidak bisa karena merasa tidak enak hati.

Namun, Anda harus hati-hati jika selalu merasa tidak enak hati. Jangan sampai Anda memendam sesuatu yang akan menjadi bumerang nantinya untuk hubungan Anda dengan mertua.

Bila merasa tertekan, tidak ada salahnya Anda mengatakan permasalahan tersebut pada suami agar hal ini bisa terselesaikan dengan bijak tanpa ada pihak yang tersakiti nantinya.

  1. Suka Ikut Campur

Biasanya hal ini adalah hal yang paling menggangu dalam kehidupan berrumahtangga saat tinggal bersama mertua. Mertua sering kali ikut campur urusan rumah tangga Anda hingga permasalahan yang harusnya diketahui dan diselesaikan berdua saja malah diketahui banyak orang.

Bila hal ini terjadi pada Anda, anggap saja mertua ingin memberi nasihat pada Anda. Bagaimanapun juga, mertua Anda lebih berpengalaman mengenai kehidupan berumahtangga.

  1. Lebih Hemat

Tak semua hal buruk yang akan terjadi bila serumah dengan mertua. Jika boleh jujur salah satu hal positif dari tinggal bersama mertua adalah Anda lebih hemat dan pengeluaran lebih sedikit dibandingkan tinggal sendiri dengan pasangan saja.

Berbagi merupakan kunci utama dari tinggal bersama mertua. Mulai dari berbagi makanan bahkan bisa berbagi pengeluaran-pengeluaran perbulan juga.

  1. Tidak Merasa Sendiri

Hal ini sangat terasa bila Anda terbiasa hidup sendiri sebelumnya. Biasanya Anda merasa kesepian saat hidup sendiri, sekarang ada beberapa orang yang selalu menemani.

Bila biasanya Anda tak memiliki seseorang untuk berbicara, maka ini waktunya Anda untuk mendekatkan diri dengan mertua. Dengan begitu akan tercipta hubungan baik antara Anda dan mertua.

Foto: dok. Freepik

‘Sometimes it’s okay to agree to desagree but not okay to disrespect.’

LEAVE A COMMENT

Comments (1)

  • Meilianti I

    18 Oct 19

    wishmewillbeokay karna tinggal serumah sama mertua ????

BACK
TO TOP