Ini Tips Memilih Tanggal Pernikahan Yang Tepat

 

Pernikahan: Sista dan Dani | Foto: Wedday Photography

Ketika Anda berdua sudah sepakat untuk menikah, maka pertanyaan selanjutnya adalah kapan? Bulan apa? Dan, akhirnya berlanjut pada pertanyaan kira-kira tanggal berapa sebelum pertanyaan dimana pestanya akan dilangsungkan. Yang pasti Anda perlu menentukan kapan Anda berdua akan menikah. Untuk itu, sebagai calon pengantin, Anda, pasangan, serta keluarga besar akan memilih tanggal utama dan tanggal alternatif sekiranya tempat pesta pernikahan yang Anda inginkan tidak tersedia di tanggal tersebut.

Tanggal pernikahan adalah tanggal yang istimewa dan memilih tanggal istimewa ini tentunya susah-susah gampang. Ada aturan-aturan yang harus diikuti untuk sebagian besar calon pengantin, misalnya orang menyarankan jika harinya tepat, jangan memilih tanggal 13 atau jangan tanggal 4 atau jangan tanggal dengan kelipatan angka ini atau bulan ini dan bulan itu. Semua aturan akan menjadikan Anda berdua pusing dan akhirnya bingung. Inilah beberapa tips untuk menentukan tanggal istimewa yang dapat Anda ikuti untuk menjadikan hari istimewa Anda kenangan yang selalu diingat.

Pertama-tama Jangan Mepet

Hari ini Anda menentukan untuk menikah lalu bulan depan Anda akan melangsungkan pesta pernikahannya? Banyak jalan menuju Roma untuk melakukan ini, tapi pastikan waktu yang cukup untuk mempersiapkan sebuah pesta pernikahan. Waktu enam hingga dua belas bulan adalah waktu yang ideal kecuali Anda memang menginginkan pesta kecil dan sederhana.

Tanggal Istimewa

Ada pasangan yang berkonsultasi hanya untuk menentukan tanggal. Mulai dari pencocokan tanggal lahir, shio, hingga melihat tahi lalat di muka. Tidak ada salahnya memang. Tapi tentukan tanggal yang bermakna untuk Anda dan pasangan. Lihatlah tanggal-tanggal akhir pekan pada bulan dimana Anda merencanakan pesta pernikahan. Kemudian pilihlah beberapa tanggal untuk kemudian dipilih satu tanggal yang kira-kira mempunyai arti bagi Anda berdua.

Tanggalan Merah di Hari Biasa?

Memilih untuk menikah di hari biasa saat tanggalan merah? Hal ini memang tidak biasa namun tidak ada salahnya juga bukan? Anda mungkin bisa mendapatkan venue dengan harga yang lebih bersahabat daripada melangsungkan pesta di akhir pekan. Apalagi di saat bulan-bulan pesta pernikahan banyak dilangsungkan.

Bujet

Untuk pemilihan venue, bujet memegang peranan penting kecuali Anda ingin menikah di rumah sendiri. Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih tanggal dimana bulan-bulan pesta pernikahan tidak banyak dilangsungkan. Mungkin gedung atau hotel impian Anda masih kosong di tanggal tersebut dan vendor-vendor pernikahan lain bisa memberikan Anda harga istimewa di tanggal sepi pernikahan.

Aspek Lain

Jangan pilih tanggal saat Anda sedang sibuk menyelesaikan deadline pekerjaan misalnya. Atau Anda dan pasangan ingin melangsungkan pesta outdoor tapi memilih tanggal di bulan musim hujan. Di sisi lain, Anda juga perlu memikirkan ketersediaan waktu dari keluarga atau teman penting Anda yang mungkin tinggal di luar kota atau luar negeri.

Wedding Ideas, Tips dan Trik


LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP