Jangan Diabaikan! Ini Dia Tips Jadi Menantu Idaman

Tahukah kamu bahwa menantu cenderung banyak yang tidak akur dengan mertuanya?

Hal ini dibuktikan oleh salah satu riset di Finlandia yang menemukan bahwa dalam penelitian, ada 1.200 pasangan yang kemungkinannya tinggi untuk tidak akur dengan mertua, salah satunya adalah melibatkan masalah urus-mengurus cucu. Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa kebanyakan menantu wanita dianggap orang asing sebelum dikaruniai seorang anak.

Hal ini bisa kamu hindari dari jauh-jauh hari dengan belajar dan berusaha untuk menjadi individu yang baik dan “likeable” di mata orang tua pasangan. Ini dia tips-tipsnya biar kamu bisa menjadi menantu idaman para camer:

Memiliki etika yang baik dan positif

Kamu bisa menunjukkan etika, tata krama, dan bersikap positif. Salah satunya dengan cara berkomunikasi dengan ramah dan tenang. Menjaga sopan santun dan jadilah pendengar yang baik dengan mendengarkan nasihat mertua dan melihat sisi positif dari setiap nasihat yang diberikan.

Memberikan perhatian yang tulus

Mertua adalah orang tua dari pasangan, maka sudah selayaknya dianggap dan diperlakukan seperti orang tua sendiri. Kamu bisa mulai dengan hal-hal kecil seperti rutin menanyakan kabar, mendengarkan cerita mertua, menunjukkan perhatian khusus untuk hari-hari perayaan spesial, dan memberikan kasih sayang yang setara dengan orang tua kandung.

Membantu dalam pekerjaan rumah tangga

Jika kamu tinggal bersama atau mengunjungi rumah mertua, tawarkan bantuan-bantuan dalam mengurus rumah tangga. Tunjukkan pula bahwa kamu memiliki time management yang baik dengan caramu membagi waktu untuk hal-hal yang berkaitan dengan rumah tangga sederhana seperti membersihkan rumah atau memasak agar mertua merasa nyaman, terapresiasi, dan dihormati.

Tunjukkan bahwa dirimu mampu belajar dan beradaptasi

Mulai belajar membuka diri dan memperluas perspektif agar mampu mengerti kekhawatiran dan keinginan mertua. Hal ini menunjukkan kemauan dan keterbukaan kamu dalam menerima hal-hal baru dan berusaha untuk menyesuaikan diri dengan keadaan baru dalam berumah tangga.

Memperdalam empati dan komunikatif

Jangan menganggap mertua sebagai orang asing, kamu bisa meluangkan waktu untuk mendengarkan curahan hati mertua demi memperkuat bond antara menantu dan mertua. Hal ini juga meningkatkan komunikasi dan memperdalam empati dalam menjalani rumah tangga yang tak hanya terkait pasangan namun juga keluarganya.

Yuk, terus update tren dan berita terkini pernikahan dengan men-download aplikasi Weddingku di smartphone-mu atau mengikuti media sosial Weddingku di Instagram, TikTok, Facebook, Pinterest, dan YouTube agar kamu tidak ketinggalan infonya!

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP