Tidaklah mengejutkan jika make-up pengantin menempati urutan teratas dalam daftar panjang persiapan pernikahan. Setiap calon pengantin tentunya ingin tampil yang terbaik dan mengesankan dalam momen istimewa mereka. Pada umumnya,diperlukan kesabaran dan waktu yang tidak sedikit untuk menemukan make-up artist yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan calon pengantin. Setelah pencarian usai, lalu apa langkah selanjutnya?

Luangkan waktu Anda untuk melakukan trial atau uji make-up sebelum hari –H. Make-up artist pilihan Anda mungkin sudah memiliki reputasi luas akan kehandalannya menyulap tampilan calon pengantin menjadi menawan. Namun, sebaiknya Anda tetap melakukan uji make-up untuk memberikan bayangan akan tampilan Anda di hari-H nanti. “Make-up trial merupakan kesempatan bagi make-up artist untuk mengenal secara langsung struktur wajah calon pengantin, sekaligus menjalin komunikasi akan keinginan-keinginan mereka sebelum hari-H”, ujar Akky, make-up artist dan pemilik Akky Salon, Bridal & Photography. Berikut Adalah beberapa hal yang sebaiknya Anda pertimbangkan sebelum melakukan uji make-up:

  1. Rencanakan Waktu yang Tepat

Uji make-up sebaiknya dilakukan minimal 1 bulan sebelum hari-H. Waktu ini terhitung cukup karena biasanya gaun pengantin sudah dipilih begitu juga dengan aksesori yang akan dikenakan. Ini akan memudahkan make-up artist dalam menyatukan semua unsur hingga tercipta keharmonisan dalam tampilan sang calon pengantin. Uji make-up pada umumnya memerlukan biaya ekstra di luar dari biaya make-up pengantin yang sudah disepakati. Oleh karena itu, sebaiknya rencanakan uji make-up Anda bersamaan dengan rencana menghadiri suatu acara atau pesta. Ini juga sekaligus bisa menjadi ajang tes ketahanan riasan sekaligus meminta pendapat dari teman atau keluarga yang melihat tampilan Anda saat itu.

Persiapkan waktu yang cukup untuk melakukan uji make-up. Bila akan menghadiri acara, persiapkan waktu minimal 2 jam sebelumnya. Sebaiknya Anda tidak terburu-buru waktu ketika melakukan uji make-up hingga dapat berkomunikasi rileks dengan make-up artist mengenai apa yang Anda suka atau tidak suka dengan hasil make-up tersebut.

  1. Yang Perlu dibawa saat Trial Make-up

Untuk mempermudah dan memperjelas keinginan, sebaiknya Anda mempersiapkan beberapa hal seperti: foto gaun atau kebaya pengantin, kumpulan foto referensi riasan dan gaya rambut yang Anda inginkan, aksesoris yang akan dikenakan bila ada, dan tentunya kamera atau ponsel untuk mengabadikan hasil make-up. Untuk pengantin adat, biasanya sudah ada pakem tertentu untuk tampilan riasan dengan sedikit penyesuaian bila memang akan tampil dalam bentuk riasan modifikasi.

Butuh dukungan dan opini? Anda bisa membawa sahabat atau kerabat untuk mendengar opini mereka akan hasil make-up. Di budaya Indonesia, orang tua masih memegang peranan besar dalam persiapan pernikahan anak, terutama bila menyangkut adat istiadat. “Sebaiknya pertimbangkan untuk mengikut sertakan ibu Anda pada saat uji make-up”, saran Akky. Pada saat ini biasanya akan terjadi proses menyatukan keinginan antara pengantin dan orang tua. Alangkah baiknya bila sudah tercapai kesepakatan sebelum hari-H untuk menghindarkan perubahan mendadak pada riasan di hari pernikahan.

  1. Datang dengan Wajah dan Rambut Bersih

Untuk mempermudah proses make-up, sebaiknya Anda datang dengan wajah bersih tanpa make-up atau riasan tipis. Uji make-up juga biasanya bersamaan dengan uji penataan rambut, jadi sebaiknya rambut dalam kondisi bersih dan dicuci sehari sebelumnya. Sebaiknya hindari keinginan mencatok rambut sebelumnya untuk mempermudah penataan pada saat uji make-up.

  1. Utarakan Keinginan dan Pendapat Anda

Jalin komunikasi yang baik dengan make-up artist Anda agar ia dapat mengerti keinginan Anda. Berikan informasi sebanyak-banyaknya mengenai pernikahan Anda, termasuk: tema pernikahan, warna tema pernikahan, gaun pengantin yang akan dikenakan, serta referensi-referensi riasan yang Anda suka. Informasikan juga bila kulit wajah Anda termasuk yang sensitif atau alergi akan produk atau bahan dasar riasan tertentu. Bila ada, bawa kosmetik dari dokter kulit Anda agar bisa dipakai dalam proses merias.

Jangan ragu untuk menyatakan pendapat Anda, terutama bila Anda merasa ada yang kurang pas dengan tampilan akhir riasan. Bila ada waktu untuk mengubah, sebaiknya dilakukan saat itu juga hingga tercapai hasil yang sesuai dengan keinginan Anda. Setelah mendapatkan hasil uji make-up yang pas, Anda pun akan menjalani sisa hari menuju hari-H dengan perasaan yang lebih tenang dan nyaman.

Teks : Leyla Fauwzya

Foto: Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP