Ketahui Tanda-tanda Hubungan yang Tidak Sehat

Foto: Freepik


Menjalin hubungan cinta bukanlah hal yang mudah, apalagi jika Anda dan pasangan sudah memiliki niat serius untuk melanjutkannya ke jenjang pernikahan. Pada tahap ini, Anda dan pasangan sudah harus benar-benar percaya satu sama lain dan bisa saling menerima kekurangan masing-masing. Namun, banyak pasangan yang tidak menyadari bahwa mereka terjebak dalam hubungan yang tidak sehat. Apakah Anda salah satunya?


Saat mulai memiliki perasaan mendalam pada pasangan, hati dan pikiran seringkali tidak menemukan jalan tengah sehingga membuat Anda terlena karena cinta. Maka dari itu, terkadang sulit sekali menyadari betapa buruk dan tidak sehatnya hubungan itu ketika Anda sedang menjalaninya meski banyak orang terdekat yang sudah mencoba memperingatkan. Lalu, apa saja tanda bahwa Anda dan pasangan terjebak dalam hubungan yang tidak sehat?


Keinginan untuk Merubah Pasangan
Hubungan yang sehat tidak akan mengubah diri seseorang, melainkan mengembangkan diri mereka menjadi orang yang lebih baik. Tapi dalam kondisi ini, pasangan yang tidak baik akan bersikap seolah-olah dia tahu yang paling baik untuk pasangannya. Ketika hubungan berakhir, orang yang mereka ubah akan sadar bahwa mereka telah kehilangan identitas diri.


Bergantung dengan Pasangan
Hal buruk dalam hubungan yang tidak sehat adalah saling bergantung satu sama lain secara berlebihan. Jika Anda selalu meminta persetujuan untuk melakukan sesuatu dari pasangan dan merasa tidak bebas. Berhati-hatilah, sebab ketergantungan tersebut membuat Anda tidak bisa berdiri di atas kaki sendiri.


Ketergantungan juga terjadi saat Anda harus selalu ada untuknya kapan pun dan di mana pun. Pasangan yang tidak baik, tidak akan peduli dengan kebutuhan Anda dan memaksa untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Jika tidak dipenuhi, akan mengancam Anda secara halus.


Selalu Mencari dan Tidak Memberi Ruang
Menghabiskan waktu bersama pasangan merupakan hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Namun, perlu disadari bahwa memiliki waktu untuk sendiri merupakan hal yang penting juga. Ketahui juga bahwa banyak hal-hal yang harus dilakukan masing-masing.


Berikan jarak yang sehat antara Anda dan pasangan, agar tidak merasa bosan dalam hubungan. Jangan pernah memikirkan hal-hal negatif mengenai pasangan. Fokuslah terhadap hal yang menjadi tanggung jawab dan kebahagiaan Anda.


Mengontrol dan Mendominasi
Dalam hubungan yang tidak sehat, selalu ada orang yang berusaha mendominasi dan mengontrol. Kalau Anda atau pasangan selalu mengontrol agar hubungan tetap utuh, tandanya Anda sedang terjebak dalam hubungan yang tidak sehat.


Hubungan seperti ini, pasangan yang tidak baik akan mencari kelemahan Anda perlahan-lahan. Dia bisa memberi banyak hadiah atau memperlakukan Anda dengan sangat spesial, namun hanya untuk mendapatkan apa yang dia inginkan. Sadarlah, hubungan yang baik adalah hubungan yang mengalir tanpa harus ada orang yang mendominasi.


Menjauh dari Teman
Saat terjebak dalam hubungan yang tidak sehat, Anda mungkin akan menjauhi teman atau sahabat yang selalu menemani jauh sebelum Anda menjalin hubungan dengan pasangan. Tetaplah menjaga hubungan baik dengan teman ketika Anda sedang dalam sebuah hubungan. Lebih baik lagi jika Anda mengenalkan pasangan kepada sahabat karena mereka biasanya dapat menemukan hal yang tidak bisa Anda lihat mengenai pasangan Anda.


Mengenalkan pasangan kepada sahabat juga untuk menjaga Anda agar tidak terjebak dalam hubungan yang tidak sehat. Namun, jika pasangan tidak ingin bertemu teman Anda, hal ini perlu dijadikan sinyal bahwa dia tidak menganggap hubungan kalian serius.

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP