Konsep Baru Menikah: Nikah Tamasya

Foto: dok. Freepik


Saat ini, tidak bisa dipungkiri bahwa biaya pernikahan sangatlah mahal. Namun, jika Anda mengetahui bahwa sekarang sudah ada konsep Nikah Tamasya, anggapan pernikahan mahal tersebut bisa Anda hilangkan.


Nikah Tamasya merupakan acara pernikahan yang diselenggarakan secara sederhana namun tidak menghilangkan kesan sakral pernikahan itu sendiri. Biasanya, setelah prosesi pernikahan, pengantin bersama keluarga inti dan teman terdekat akan melakukan makan bersama, lalu pernikahan selesai sampai di situ saja. Pernikahan ini tidak akan memakan banyak waktu dan budget. Setelah itu, keesokan harinya, barulah kedua mempelai langsung pergi berbulan madu.


Biasanya yang memilih menikah tamasya ini adalah pengantin yang tidak mau repot dan capek membuat acara pesta pernikahan megah. Pengantin ini lebih memilih mengalokasikan dana pesta pernikahannya ke budget bulan madu.


Nikah Tamasya juga didefinisikan sebagai pernikahan yang dilakukan di lokasi-lokasi honeymoon. Lokasi di mana pengantin bisa menikah dan langsung berbulan madu di tempat yang sama, misalnya di luar kota atau di luar negeri. Pernikahan ini juga bisa menghadirkan keluarga inti dan teman dekat Anda. Jadi, setelah sah menikah, Anda dan pasangan juga bisa bertamasya bersama keluarga dan teman dekat.


Jika Anda adalah tipe orang yang suka traveling, pernikahan ini bisa menjadi pilihan. Anda hanya perlu memilih kedua opsi tersebut yang sama-sama hanya mengundang beberapa tamu saja, tidak banyak. Perbedaannya hanya jika Anda memilih menikah langsung di tempat honeymoon, Anda harus mencari destinasi bulan madu yang juga menyediakan tempat untuk menikah.


Jika Anda ingin melakukan pernikahan tamasya ini, Anda juga harus bersiap-siap mencocokkan jadwal semua keluarga dan teman dekat Anda. Pernikahan ini tidak mungkin hanya sehari saja, pasti lebih dari itu. Makanya diperlukan menejemen waktu yang kuat di sini. Tantangan lainnya, orang tua biasanya lebih mengikuti pernikahan adat seperti yang sering mereka lihat. Jadi, Anda harus bisa meyakinkan mereka degan keputusan pernikahan Anda ini.


Biaya yang harus Anda siapkan bila memilih menikah tamasya opsi pertama adalah sebagin kecil untuk pernikahan sederhana dan sebagian besarnya untuk honeymoon bersama pasangan. Jika memilih opsi kedua, Anda harus menyiapkan dana sedikit lebih untuk pernikahan dan honeymoon bersama keluarga dan teman dekat.


Tapi jangan khawatir, untuk biaya keluarga dan teman, Anda bisa merombakkan ini bersama-sama, apakah akan membayar masing-masing semua kebutuhan termasuk penginapan dan transportasi atau biaya ini termasuk dalam budget pernikahan Anda. Karena yang diundangan hanya keluarga inti dan teman terdekat, jadi wajar saja untuk membicarakan hal ini secara bersama-sama.


Walaupun pernikahan Anda sederhana, Anda juga perlu menyediakan suvenir sebagai tanda terima kasih kepada orang-orang yang bersedia berbagi kebahagiaan bersama Anda. Pilihlah suvenir yang bisa membuat tamu undangan teringat akan momen bahagia tersebut seumur hidup mereka. Bisa juga Anda membelikan beberapa suvenir khas daerah/kota/negara yang disambangi untuk bertamasya sebagai suvenir pernikahan. Sesuatu yang unik akan terkenang selamanya.

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP