Langkah Selanjutnya Setelah Resmi Bertunangan

Setelah beberapa lama merajut jalinan kasih, akhirnya Anda dan pasangan memutuskan untuk melanjutkannya ke jenjang yang lebih serius. Lamaran yang serius di hadapan kedua pasang orang tua pun telah digelar, dan sekarang, di jari manis Anda sudah melingkar cincin cantik sebagai simbol ikatan hati yang terbentuk antara Anda dengan si dia.

Selanjutnya, apa saja langkah yang harus Anda ambil mulai dari usainya pesta pertunangan ini hingga hari dimana Anda dan pasangan resmi menjadi suami isteri? Berikut ulasannya.

  1. Menentukan tanggal pernikahan

Dalam acara pertunangan yang tentunya dihadiri oleh kedua pasang orang tua, biasanya juga dibahas mengenai tanggal pernikahan. Bisa dihitung oleh para orang tua dan pinisepuh kapan tanggal baik untuk Anda berdua, bisa juga Anda berdua yang menentukan, misalnya disesuaikan dengan tanggal lahir, atau tanggal jadian, dan sebagainya. Untuk persiapan pernikahan yang sempurna, biasanya diperlukan waktu sekitar delapan bulan hingga satu tahun. Walaupun beberapa pasangan mempersiapkan pernikahan dalam waktu kurang dari itu. Akan tetapi cukup riskan karena akan sulit menemukan venue ataupu vendor pernikahan yang masih available bila waktunya mepet.

  1. Mempersiapkan mental

Memutuskan untuk menikah mungkin cukup mudah. Tapi mempersiapkan diri menghadapi hari penting tersebut justru terkadang menjadi hal yang tidak mudah. Bagaimanapun, pernikahan adalah sebuah gerbang menuju kehidupan yang baru. Bila Anda dan pasangantidak mempersiapkan mental dengan baik, bukan tidak mungkin slaah satu akan mundur di pertengahan jalan. Oleh sebab itu, bersama-sama siapkan mental Anda berdua, yakinkan bahwa Anda dan pasangan ingin menjalani hidup bersama selamanya, dan cobalah untuk lebih mengenal dan mengerti karakter masing-masing.

  1. Berkompromi dengan keluarga

Bagaimanapun, di Indonesia ini pernikahan adalah penyatuan dua keluarga, keluarga Anda dan keluarga pasangan Anda. Bila di antara Anda berdua saja bisa terdapat perbedaan, terlebih lagi dengan kedua keluarga ini. Oleh karenanya, perbanyak sabar dan cobalah berkompromi terhadap berbagai hal yang sifatnya tidak terlalu prinsip. Bila sudah menyangkut dream wedding Anda, sebaiknya Anda pertahankan dan perjuangkan, karena ini adalah hari istimewa yang hanya akan terjadi sekali dalam seumur hidup Anda.

  1. Menentukan bujet

Setiap calon pengantin memiliki dream wedding masing-masing. Akan tetapi, impian indah tersebut tentu harus disesuaikan dengan bujet yang Anda berdua sanggupi. Ingat, pernikahan adalah langkah awal. Selanjutnya masih begitu banyak kebutuhan menanti Anda di depan, mulai dari mencari tempat tinggal baru, mempersiapkan kehadiran sang buah hati, biaya sekolahnya, dan lain sebagainya. Jadi, jangan habiskan tabungan Anda untuk satu hari, terlebih lagi jangan sampai Anda harus berhutang dan menjalani sisa hidup untuk membayar hutang demi pesta pernikahan yang mewah.

  1. Rencanakan persiapan secara detail

Setelah Anda menentukan bujet atau anggaran untuk pernikahan dan juga telah memutuskan konsep yang akan diusung, maka waktunya untuk mempersiapkan pernikahan Anda secara detail. Anda bisa menghubungi wedding planner atau wedding organizer untuk membantu Anda mempersiapkan hari istimewa tersebut. Tapi untuk pemilihan vendor, Anda juga bisa mencarinya melalui berbagai cara, melihat di media sosial atau mencari di situs pernikahan seperti weddingku.com dan menghadiri pameran-pameran pernikahan seperti Wedding Celebration Festival yang akan digelar bulan November tahun ini.

Foto : Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP