Langkah Tepat Mempersiapkan Pernikahan Impian

Foto: Freepik


Mempersiapkan hari pernikahan merupakan salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh calon pengantin. Namun, hal itu tidaklah mudah. Anda dan pasangan akan membutuhkan banyak waktu sehingga persiapan pernikahan harus dilakukan jauh-jauh hari. Belum lagi jika Anda dan pasangan bekerja, maka harus bisa membagi waktu dengan cermat.


Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan jasa wedding organizer (WO) yang memiliki reputasi baik. Meski begitu, Anda tetap harus memantau agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Selain menggunakan jasa WO, banyak juga pasangan yang ingin mempersiapkan pernikahannya sendiri. Agar tidak bingung, lebih baik simak dulu langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan dalam mempersiapkan pernikahan impian seperti berikut ini.


Pilih Tanggal Pernikahan
Setelah kedua keluarga melakukan pertemuan, hal selanjutnya yang dibahas adalah tanggal pernikahan karena hal ini merupakan dasar untuk mempersiapkan pernikahan. Anda bisa mencari tanggal-tanggal cantik atau bisa juga dengan membayangkan estimasi tanggal yang sekiranya cocok untuk hari pernikahan.


Setelah bertunangan, biasanya calon pengantin akan memilih estimasi 6-12 bulan untuk hari pernikahan. Tanggal inilah yang nantinya akan menjadi patokan kapan akan mulai memesan beberapa keperluan seperti tempat pernikahan, dekorasi dan katering.


Tentukan Biaya Pernikahan
Menggelar resepsi pernikahan tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu, lebih baik membuat kesepakatan tentang berapa persen Anda dan pasangan berkontribusi untuk anggaran pernikahan. Anda juga bisa mengajak pasangan berdiskusi untuk menyesuaikan antara ekspektasi dan realita. Dengan begitu, semuanya bisa berjalan sesuai dengan planning untuk pernikahan yang paling diidam-idamkan.


Yang terpenting, jangan pernah memaksakan keuangan Anda demi membuat pernikahan mewah dan megah. Pastikan juga Anda dan pasangan sudah mempersiapkan bujet lebih untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga.


Seleksi Tamu Undangan
Jumlah tamu undangan akan menentukan banyak hal, mulai dari katering hingga tempat pernikahan. Maka dari itu, sejak awal perlu menentukan berapa tamu yang akan diundang di hari bahagia nanti. Perlu juga untuk merundingkan hal ini bersama kedua pihak keluarga agar tidak ada undangan yang terlewat.


Daftar hadir tamu memang menjadi salah satu bagian yang paling pelik, tetapi wajib dilakukan agar pernikahan berlangsung tanpa kejadian yang tidak diinginkan. Batasi mulai dari jumlah undangan, lalu seleksi nama dari pihak yang wajib hadir seperti keluarga inti, kerabat dekat, barulah bergeser ke teman atau rekan kerja dan sebagainya.


Pilih Konsep dan Venue Pernikahan
Setelah bujet disepakati, kini waktunya untuk menentukan konsep pernikahan yang diinginkan sesuai dengan bujet. Apakah ingin pernikahan tradisional dengan konsep adat atau konsep yang lebih internasional. Setelah menentukan konsepnya, akan lebih mudah dalam memilih dekorasi, busana pernikahan hingga venue.


Untuk venue, carilah tempat yang sesuai dengan konsep pernikahan, kapasitas tamu undangan dan pilihlah lokasi yang cukup strategis. Mencari venue pernikahan yang cocok memang tidak mudah, maka dari itu sebaiknya Anda sudah mulai browsing sejak jauh-jauh hari. Anda juga tidak perlu langsung menentukannya secara pasti, tapi tidak ada salahnya jika sudah mulai mendata beberapa venue incaran sekaligus mencari informasi harga.


Tentukan Wedding Planner dan Vendor
Jika Anda dan pasangan berniat menggunakan jasa wedding planner, saatnya untuk mulai menentukan siapa yang akan membantu proses pernikahan tersebut. Namun, jika berencana untuk melangsungkan pernikahan tanpa wedding planner, saatnya mulai menghubungi vendor-vendor acara, termasuk venue, katering, dekorasi sampai yang mengurus acara dokumentasi, baik saat prewedding atau saat hari-H berlangsung.


Siapkan Gaun Pernikahan dan Rias Pengantin
Memilih pakaian pengantin juga harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari, sebab mengukur ukuran tubuh, memilih bahan yang tepat dan menentukan desain pakaian membutuhkan waktu yang panjang. Terlebih jika ingin membuat gaun pengantin sesuai desain yang diinginkan.


Selain gaun pernikahan, jangan lupa memilih perias untuk mempercantik penampilan saat pesta pernikahan. Perlu diingat, rias wajah juga harus disesuaikan dengan konsep pernikahan karena tata rias tradisional dan modern pasti akan terlihat berbeda.

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP