message

List Komplet Tugas Groomsmen di Pernikahan

 

Foto: dok. Freepik


Apakah Anda merasa kebingungan saat diminta sahabat menjadi pengiring pengantin pria atau istilahnya groomsmen untuk pernikahannya? Mungkin menjadi bridesmaid lebih biasa Anda lihat, namun pernikahan yang memakai groomsmen tak sebanyak pernikahan yang memakai bridesmaid.


Pengantin pria biasanya memilih kerabat dekat atau sahabat untuk menjadi groomsmen-nya. Groomsmen biasanya ditugasi mendampingi pengantin pria selama pesta pernikahan berlangsung. Tak hanya itu, groomsmen juga sekaligus ditugasi untuk memberikan energi positif bagi pengantin pria yang mungkin sedikit gugup, ragu, tegang dan takut menjalani prosesi pernikahan.


Kelihatannya sangat menyenangkan dan sepele memang, tapi peran Anda sebagai groomsmen sangat penting lho. Anda dipercaya untuk mendampingi kerabat dekat atau sahabat Anda menghadapi hari bahagianya yang akan dikenang seumur hidup.


Perhatikan Penampilan Anda
Jika di luar negeri setelan groomsmen adalah tanggung jawab groomsmen sendiri, beruntunglah Anda yang menjadi groomsmen di Indonesia. Biasanya untuk busana groomsmen dan bridesmaid di pernikahan Indonesia disiapkan oleh pengantin wanita dan prianya. Bila Anda hanya diberikan bahan kainnya saja, jangan segan untuk menjahitkan bahan tersebut ke tempat terbaik. Tidak ada salahnya memberikan yang terbaik di hari baik kerabat atau sahabat Anda.


Hadir di Setiap Acara Jelang hingga Hari Pernikahan
Anda sudah terpilih menjadi orang yang akan mendampingi pengantin pria di hari pernikahannya. Pun di hari-hari jelang pernikahannya, misalnya saat pre-wedding jika perlu, saat lamaran, couple shower, pesta melepas masa bujang dan saat wedding rehearsal.


Rencanakan Pesta Melepas Masa Bujang
Seperti pesta melepas masa lajang yang dilakukan bridesmaid untuk pengantin wanita, pesta pelepasan masa bujang untuk pengantin pria juga bisa dilakukan, tentunya hanya dihadiri oleh lelaki saja. Groomsmen bisa saja merencanakan segala kegiatan pesta ini untuk memberikan kesan tak terlupakan bagi pengantin pria. Namun, untuk tanggal dan lokasi pesta bisa memberitahukan pengantin prianya untuk menyesuaikan jadwal. Untuk masalah biaya, Anda sebagai groomsmen dan pengantin prianya bisa membicarakan ini secara bersama-sama, apakah patungan dari groomsmen atau masuk ke dalam budget pernikahan pengantin.


Foto: dok. Freepik


Tugas di Hari Pernikahan
Di hari H ini, Anda sebagai groomsmen sangat dibutuhkan. Anda harus siap membantu di manapun dan kapanpun. Anda akan menjadi pengingat pengantin pria jika ingin melakukan kegiatan karena keresahan pengantin pria akan membuatnya lupa melakukan beberapa hal. Anda harus bangun tepat waktu dan sudah harus siap sebelum pesta pernikahan dimulai. Untuk tugas lain saat acara, Anda bisa menanyakan perihal teknis kepada wedding organizer (jika menggunakan wedding organizer).


Berikan Hadiah yang Beda
Anda sudah dipilih khusus untuk berada di sisi pengantin pria selama hari pentingnya, berarti Anda adalah orang istimewa di hidupnya. Tidak ada salahnya juga Anda memberikan kado yang spesial juga. Untuk kado ini, Anda bisa patungan bersama para groomsmen lainnya dan memberikan kado yang beda dari yang lain. Anda sebagai groomsmen pasti lebih tahu apa yang sedang diinginkan dan dibutuhkan pengantin pria.


Ciptakan Keseruan di Hari Pernikahan
Melihat tugas groomsmen di atas, memang Anda telihat seperti asisten pengantin pria yang memiliki banyak tugas dari A-Z. Satu lagi yang harus Anda lakukan yaitu membuat keseruan di pesta pernikahan. Biasanya ada game seru di dalam kegiatan acara, di sinilah Anda bisa mengambil alih untuk memberikan keseruan dalam permainan. Groomsmen beserta bridesmaid bisa ikut serta bermain bersama tamu undangan.

Groomsmen, Serba-serbi Pernikahan

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP