Makna Cambio di Mata Para Alumnus LPTB Susan Budihardjo

Selama 36 tahun mendidik siswa-siswi yang sudah tidak terhitung jumlahnya, Lembaga Pengajaran Tata Busana (LPTB) Susan Budihardjo tidak pernah menghilangkan tradisi tahunannya. Dimana tiap tahun dalam merayakan kelulusan para siswanya selalu digelar peragaan busana yang menampilkan karya busana dari siswa-siswi terpilih. Tahun ini terpilih 11 siswa dari 36 siswa yang telah resmi menyadang alumnus LPTB Susan Budihardjo untuk mempresentasikan karya mereka.

Berbeda dari tahun lalu yang berlokasi di Senayan City, kini peragaan busana yang akan melansir masing-masing 5 karya busana para siswa bergeser ke lokasi berbeda tepatnya di Ciputra Artpreneur, Jakarta. Bertemakan “Cambio” yang bermakna “perubahan” merupakan tema besar bagi para siswa untuk menafsirkannya dalam koleksi busana. Malam pada tanggal 19 Januari 2017 dipertunjukkan deretan karya busana dari 11 siswa yang menerjemahkan arti perubahan dengan sudut pandang beragam.

Warna dan siluet menjadi senjata bagi para siswa dalam menuangkan arti cambio ke dalam busana yang terdiri dari busana wanita, busana pria hingga busana hijab yang kini sedang naik daun. Style yang dibawakan pun beragam dari street style, feminin, kasual hingga futuristik. Kesemua gaya bersatupadu diketengahkan hingga menyusul koleksi dari label ACAKACAK. Sudah setahun berdiri, label ACAKACAK yang berbasis di Bali menjadi label pertama yang dikeluarkan sebuah sekolah mode, yaitu LPTB Susan Budihardjo.

Hingga kini ACAKACAK makin berkembang yang diiringi dengan bertambahnya anggota ACAKACAK. Pada malam itu, ACAKACAK pun turut tampil membawakan karya dari 25 anggota ACAKACAK. Sesuai tema, cambio menjelma menjadi rupa-rupa busana dengan teknik yang cukup kompleks. Cambio Worker yang diilhami dari pekerja lapangan dengan aplikasi unfinished berupa jaket, rok jumper, terusan, cropped jacket. Cambio Safari yang didasari busana safari namun dengan pemecahan pola dan potongan yang bertolak belakang dari safari pada umumnya. Dan terciptalah kulot, rok panjang, jumper, palazzo dan celana panjang. Selebihnya Cambio Office yang menawarkan busana kerja yang berbeda seperti bomber, vest kimono, blazer gigantis serta bawahan rok lurus, celana cutbrai hingga kulot.

Foto: Vaesy

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP