Masih Perlukah Mencetak Undangan Pernikahan Di Era Digital?

 

Pernikahan Yuddi & Devi | Foto: Gusmank Photography | Wedding Planner: Varawedding

Anda sebagai pasangan milenial yang sudah sangat terbiasa melakukan apapun serba digital sekarang ini dan sedang merencanakan pesta pernikahan, apakah Anda kerap bertanya apakah masih perlu mencetak undangan pernikahan jika Anda bisa mengirim undangan dalam format PDF lewat Whatsapp? Lebih mudah, simple, dan tidak merepotkan bukan? Patut diakui di era digital ini, sedikit banyak akan merubah beberapa tatanan hidup, termasuk misalnya mengirim undangan pernikahan lewat surat elektronik. Dan, masa pandemi seakan-akan mempercepat fase digitalisasi ini. Buktinya? Anda bisa hadir ke pesta pernikahan secara digital tanpa datang ke tempat pestanya langsung.

Namun, apakah Anda masih perlu mencetak undangan di zaman sekarang ini? Coba kita lihat perlu atau tidaknya.

Norma-Norma Adat Timur

Pesta pernikahan Anda bukan hanya untuk teman-teman seumuran Anda yang mungkin tidak peduli dengan norma-norma ketimuran. Tapi ingatlah, mungkin masih ada keluarga yang dituakan, masih ada atasan Anda di tempat kerja yang perlu diundang, atau mungkin orang-orang yang berjasa dalam hidup Anda yang juga membuat Anda ingin membagi kebahagiaan hari pernikahan Anda. Bayangkan Anda mengirim undangan pesta pernikahan digital lewat e-mail atau Whatsapp ke orang yang dituakan atau ke atasan Anda di kantor?

Undangan Mempunyai Nilai Sentimen Tersendiri

Mungkin kertas akan lapuk. Mungkin Anda akan lupa menyimpannya setelah belasan tahun. Tapi undangan pernikahan dengan nama Anda dan pasangan, nama orang tua dari kedua belah pihak, tempat dan tanggal dimana pesta pernikahan Anda berlangsung, mempunyai nilai sentimen tersendiri dari momen bahagia untuk Anda berdua. Mungkin Anda tidak peduli dengan value dari momen tersebut, tapi setidaknya menyimpannya bisa menjadi kenangan untuk diceritakan pada anak dan cucu Anda kelak.

Untuk Momen Tertentu Undangan Fisik Masih Diperlukan

Menjadi 100% digital? Sepertinya masih jauh ke depan. Memang digitalisasi sekarang ini sudah merebak dimana-mana dan itu sangat memudahkan hidup kita semua. Tapi untuk hal-hal tertentu seperti undangan pernikahan, mencetak undangan fisik masih menjadi hal yang diperlukan untuk menjaga norma kesopanan.

Namun, Undangan Digital Itu…

Mendesain undangan digital itu sangat menyenangkan. Berbeda dengan mencetak undangan fisik dimana Anda harus benar-benar yakin sebelum dicetak, mendesain undangan digital menjadi aktivitas yang menyenangkan. Kedua, Anda dan pasangan benar-bener menghemat waktu dan biaya pengiriman. Hanya dengan tombol ‘kirim’ maka undangan Anda pun segera terkirim. Dan, Anda hanya tinggal mengkonfirmasi dengan si penerima undangan. Dan, tentunya filosofi ‘go green’ menjadi salah satu hal menarik bagi kita semua yang peduli dengan lingkungan.

Pada Akhirnya

Anda perlu memutuskan apakah pada akhirnya Anda berdua akan tetap mencetak undangan pernikahan atau 100% go digital. Di era pandemi seperti sekarang ini mungkin bisa menjadi alasan bagi pasangan yang sedang merencanakan pesta pernikahan untuk beralih ke undangan digital. Tidak ada salahnya untuk mendiskusikan hal ini dengan orang tua Anda untuk mendengarkan pendapat mereka.

Wedding Ideas, Wedding Planning, Milenial, Undangan Pernikahan


LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP