Mengintip Persiapan di Balik Megahnya Koleksi Gaun Pengantin Karya Yefta Gunawan untuk Enchanted Moments Wedding Fair 2023

Ditemui siang hari kala itu di butik Yefta Gunawan yang berlokasi di bilangan Pondok Indah, Jakarta Selatan, tim Weddingku dengan begitu hangat disambut. Kami memulai percakapan dengan desainer yang terkenal akan gaun pengantin klasiknya ini seputaran tren wedding yang berkembang saat ini. Namun tidak perlu waktu yang lama, kami pun memulai sesi interview mengenai keterlibatan dirinya serta koleksinya pada pameran pernikahan yang bertemakan Enchanted Moments an exquisite Wedding Fair.

Weddingku (W): Hi Yefta, dapat diceritakan bagaimana keterlibatan pada fashion show EMWF kali ini?

Yefta Gunawan (YG): Pertama kali dikontak untuk bergabung dalam acara ini sekitar bulan Februari lalu. Kemudian saya menimbang dan juga membicarakan hal ini pada tim produksi. Setelah mengetahui detail dan timeline-nya, saya setuju untuk bergabung dalam pameran ini, dimana saya akan mengeluarkan koleksi gaun pengantin paling baru untuk lini bridal dari Yefta Gunawan.

W: Apa yang menjadi pertimbangannya?

YG: Saya berfikir ini adalah waktu yang tepat untuk kembali memamerkan kreasi saya untuk gaun pengantin. Ditambah lagi memang ada spare khusus untuk pengerjaan di sela-sela juga pengerjaan gaun pengantin milik klien yang membuat saya bertambah yakin untuk koleksi ini dapat diwujudkan. Terbilang waktunya cukup sempit, namun hal tersebut dapat diatasi sehingga bisa berjalan sesuai dengan jadwal.

W: Untuk nama dan inspirasi dari koleksi gaun pengantin yang akan dipamerkan?

YG: Untuk nama koleksi kali ini adalah FLORAISON. Nama ini diambil untuk kreasi terbaru saya yang terinspirasi dari keanggunan berbagai jenis bunga. Seperti yang diketahui bahwa bunga memilki keindahan mulai dari kelopak, putik, warna, jenis hingga durinya sekalipun. Berangkat dari hal tersebut yang mengilhami saya untuk membuat koleksi yang kemudian diadopsi untuk desain gaun pengantin.

W: Filosofinya begitu dalam, bagaimana pengaplikasiannya pada desain gaun pengantin?

YG: Untuk koleksi kali ini, saya memberikan beberapa variasi desain, namun untuk siluet sendiri akan ada dominasi A-line. Karena memang siluet ini yang akan memancarkan pesona tersendiri terhadap pengantin wanita jika memakai koleksi dari kreasi saya. Mungkin untuk siluet, sementara itu saja yang bisa saya paparkan.

W: Bisa dijelaskan lebih terperinci persiapannya?

YG: Ya, masuk tahap 60% saat ini (kami temui Yefta pada Awal April) dan akan terus berkembang, kemudian ada sheer fabric dan transparan yang akan dipakai pada koleksi ini. Yang juga akan memakai bahan-bahan lain seperti satin dengan pendaran yang mengilap. Begitu juga dengan embroidery yang khusus saya buat, dan gambaran stitching yang presisi hingga menghasilkan sebuah creative fabric. Tidak hanya itu, saya menggunakan fabric yang tidak biasa.

W: Tunggu dulu! fabric yang tidak biasa, seperti apa? apa ini langkah Yefta keluar dari zona nyaman?

YG: Saya gunakan bahan tali rafia untuk koleksi gaun pengantin ini. Bahan ini tidak terpikir sebelumnya. Pengaplikasiaanya pun dengan memecah tali tersebut satu per satu helai demi helai hingga disatukan menjadi sebuah bunga. Nah! Bunga tersebut kemudian akan di-mix and match pada embroidery dan disempurnakan dengan sentuhan beading yang atraktif. Saya mencoba berkesperimen menggunakan bahan tersebut dan hasilnya menjadi bunga-bunga artiifisial yang cantik.

W: Kami dan Lovely Couples tidak sabar untuk segera melihat seluruh koleksi dari Yefta Gunawan.

YG: Begitu pun juga dengan saya. Sebanyak 15 looks akan dipersiapkan untuk show ini. Gaun pengantin dengan tampilan klasik masih tetap menjadi DNA dari label yang sudah lama saya dirikan ini. Dan selalu ingin membuat wanita tampil anggun dan cantik di hari bahagianya.

Keindahan koleksi dari Yefta Gunawan dapat disaksikan langsung pada gelaran Enchanted Moments an exquisite Wedding Fair, Minggu, 18 Mei 2023, jam 19.00 WIB di St. Regis Jakarta, dan bagi yang belum bisa menyaksikan presentasinya secara langsung dapat menyaksikan live-streaming di Instagram @weddingku dan Weddingku TV Youtube channel.

Photo directed by RIOP

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP