Menyulap Halaman Belakang Rumah Menjadi Lokasi Pesta Pernikahan

Foto: Laza Hotz Photography


Sebelumnya Weddingku sudah memberikan inspirasi bagaimana Anda menyulap rumah menjadi tempat pernikahan yang kekinian. Kali ini, Weddingku akan memberikan tips cara mengubah halaman belakang rumah Anda menjadi tempat yang sangat layak dijadikan sebagai tempat menikah layaknya taman di venue mewah.


Anda harus mengubah suana
Suasana yang biasanya hanya sebagai tempat bersantai, ubahlah agar layak dijadikan sebagai tempat untuk berkumpul orang-orang terbaik dalam hidup Anda. Pastikan tamu undangan pernikahan Anda nanti bisa nyaman berada di sana untuk bersenda gurau, bersenang-senang dan tempat untuk berbagi suka dan duka. Untuk itu, Anda perlu membersihkan halaman terlebih dahulu, membuatnya menjadi lebih tampak luas dan bersih tentunya.


Foto: Mary Costa Photography


Pertimbangkan waktu menikah
Kapan Anda akan menikah? Apakah Anda akan menikah di musim penghujan atau musim kemarau? Karena pilihan ini juga menentukan dekorasi halaman nantinya. Anda juga harus mempersiapkan jika kemungkinan hujan akan turun jika menyelenggarakan pernikahan di musim penghujan. Lalu, jam berapa pesta pernikahan Anda akan diselenggarakan. Apakah dari pagi hingga siang atau dari sore ke malam. Mungkin jika Anda memilih menyelenggarakan pernikahan di siang hari, tidak memerlukan banyak lighting penunjang.


Namun jika pesta dilangsungkan di malam hari, Anda pastinya butuh lighting lebih banyak yang berfungsi sebagai penerang sekaligus berfungsi sebagai hiasan yang akan membuat pesta pernikahan menjadi lebih indah. Keuntungan lain jika Anda memilih menyelenggarakan pesta di malam hari adalah cuaca lebih terasa sejuk dibandingkan siang hari. Jadi, tidak perlu ada penambahan kipas angin, misalnya.


Foto: Freepik


Tata halaman
Setelah Anda membersihkan halaman, maka Anda harus menata halaman tersebut. Di mana Anda akan meletakkan meja dan kursi tamu, di mana panggung untuk Anda menikah nantinya atau memilih beberapa spot menarik untuk diberikan hiasan seperti balon, macrame, bunga-bunga hingga hiasan lainnya yang sudah disesuaikan dengan konsep pernikahan Anda.


Ingat, beberapa spot tersebut akan dijadikan sebagai latar belakang foto pernikahan Anda nantinya. Makanya Anda harus menatanya seindah mungkin hingga membuat tampilannya lebih instagrammable. Jangan lupa untuk memberikan spot untuk sound system ya.


Foto: Kelly Anne Photography


Sewa perlengkapan pernikahan
Anda juga disarankan untuk menyewa semua perlengkapan pernikahan agar pesta pernikahan Anda tetap mengesankan walaupun hanya diadakan di halaman belakang rumah. Keutungan menyewa salah satunya adalah Anda bisa menghemat bujet karena tak harus membeli barang yang hanya akan digunakan sekali saja. Barang yang bisa disewa antara lain, meja, kursi, piring, sendok, garpu, bunga, tenda, lampu hiasan, sound system dan lain sebagainya.


Foto: Ellie Koleen


Siapkan tempat parkir dan toilet
Jangan lupakan area parkir bagi tamu undangan Anda. Jangan sampai Anda mempersulit tamu undangan dengan tidak menyediakan lahan parkir sekaligus membuat tetangga tidak nyaman karena area rumah mereka dijadikan tempat parkir oleh tamu undangan Anda.


Selain itu, Anda juga harus menyediakan toilet untuk tamu undangan. Untuk hal ini, karena pesta pernikahan Anda diselenggarakan di halaman belakang rumah, maka Anda bisa menyewa toilet portable yang bisa diletakkan di sudut halaman tersebut. Hal ini akan mempermudahkan tamu sekaligus Anda sebagai tuan rumah.


Foto: Ashley Paige Photography


Jangan lupa mengabarkan tetangga
Untuk mengurangi adanya ketidaknyamanan dalam bertetangga, Anda harus memberitahu tetangga bahwa Anda akan menyelenggarakan pesta pernikahan nantinya. Takutnya jika Anda tak mengabarkan tetangga, bisa saja mereka terganggu dengan kebisingan dari musik di pesta pernikahan Anda.


Sediakan makanan yang baik
Tentu makanan adalah salah satu poin utama kesempurnaan pesta pernikahan Anda. Jika Anda tak bisa menyediakan makanan yang dibuat sendiri untuk seluruh tamu undangan, Anda bisa menyewa katering dan memilih menu makanan yang sudah disesuaikan dengan lidah Anda dan tamu undangan.


Menikah di halaman rumah pun bisa semenyenangkan ini, bukan?

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP