Pentingkah Perawatan Gigi Bagi Calon Pengantin?

Dalam persiapan pesta pernikahan pernahkah Anda terpikir untuk mengecek gigi Anda untuk kesehatan hidup pernikahan Anda kelak? Rasa-rasanya dalam daftar persiapan yang harus dilakukan untuk melangsungkan pernikahan, Anda lebih sering mendengar tentang perlunya pre-marital check-up atau cek kesehatan pra-nikah yang banyak ditawarkan oleh klinik-klinik kesehatan. Tapi untuk cek gigi dan perawatannya? Jika tidak merasa gigi sakit, mungkin Anda tidak akan ke dokter gigi kecuali untuk membentuk keindahan gigi Anda.

Kesehatan gigi adalah sangat penting untuk kehidupan pernikahan Anda. Kenapa? Satu saat Anda ingin hamil dan memiliki keturunan. Dan, gigi yang rusak dapat mengganggu masa-masa kehamilan Anda. Sama pentingnya dengan cek kesehatan pra-nikah, pengecekan dan perawatan gigi sebelum menikah juga sangat penting. Oleh karena itu, tambahkanlah list persiapan pesta pernikahan Anda dengan membuat janji ke dokter gigi.

Pembersihan Karang Gigi

Membersihkan karang gigi merupakan perawatan minimal yang jika tidak dibersihkan akan menimbulkan sakit pada gigi atau gusi Anda. Infeksi, gigi goyang, atau bau mulut juga dapat ditimbulkan karena karang yang tidak dibersihkan dan hal ini akan membuat Anda terganggu apalagi saat stres dalam menghadapi pesta pernikahan.

Whitening

Pemutihan gigi perlu dilakukan jika Anda merasa gigi Anda kurang bersinar warnanya. Apalagi saat-saat dimana Anda akan melakukan pemotretan pra-nikah atau ingin tampil dengan senyum cemerlang di hari pernikahan. Pemutihan gigi yang dilakukan oleh dokter gigi menggunakan bahan pemutih dengan konsentrasi tinggi sehingga bisa langsung didapatkan gigi yang putih cemerlang. Siapkan waktu sebelum memulai rangkaian acara pernikahan untuk menjadikan gigi Anda terlihat putih cemerlang.

Kosmetik Gigi

Tujuan dari kosmetik gigi atau cosmetics contouring adalah untuk merapikan atau memperbaiki susunan gigi. Anda bisa menggunakan pemakaian kawat gigi atau dengan pembuatan mahkota yang disebut sebagai veneer porcelain untuk merapikan susunan gigi yang kurang rata. Tapi susunan gigi Anda perlu sangat diratakan maka butuh waktu yang lebih lama untuk merapikannya bahkan memakan waktu paling tidak 2 tahun untuk menjadikan seperti apa yang Anda inginkan.

Pada umumnya kesehatan gigi sangat penting untuk dicek sebelum Anda menikah. Karena dengan gigi yang sehat makan Anda akan menghasilkan senyum yang ceria dan menawan. Kepercayaan diri Anda menjadi raja dan ratu sehari di hadapan tamu-tamu Anda akan meningkat dan tentunya hasil dokumentasi pernikahan Anda pun akan terlihat sempurna. Patut diingat bahwa ada hubungannya antara gigi yang tidak terawat dengan kehamilan yang akan kelak Anda jalani. Oleh karena itu, penting untuk memeriksakan gigi Anda sebelum menikah sebagai salah satu pengecekan pra-nikah Anda. (SW)

Foto : Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP