message

Pentingnya Mempersiapkan Kehamilan Sejak Dini

 

Foto: dok. Freepik


Melanjutkan keturunan merupakan salah satu tujuan dari sebuah pernikahan. Oleh karena itu, banyak calon pasangan suami-istri yang sudah mempersiapkan diri secara lahir dan batin, baik itu wanita maupun prianya. Walaupun ada beberapa pasangan yang memasrahkan akan diberi momongan kapan, tapi banyak pula pasangan yang ingin segera mendapatkan keturunan.


Salah satu faktor pemicunya adalah umur. Kebanyakan orang di Indonesia ingin memiliki anak di usia produktif kesuburan organ reproduksi mereka. Apalagi bagi pasangan yang menikah di atas umur 35 tahun, ada kekhawatiran pada mereka akan sulit mendapatkan keturunan. Karenanya, ada beberapa cara yang bisa Anda dan pasangan lakukan untuk mempersiapkan kehamilan sejak dini.


Konsumsi Asam Folat
Hal sederhana untuk mempersiapkan kehamilan sebelum Anda menikah bisa dilakukan dengan mengkonsumsi asam folat yang terkandung di banyak jenis makanan. Senyawa ini sangat berguna bagi wanita karena bisa mencegah masalah kehamilan, meningkatkan kemungkinan untuk hamil, mencegah bayi lahir cacat serta meningkatkan perkembangan janin. Asam folat banyak terkandung pada:


Sayur-sayuran: bayam, brokoli, seledri, selada, asparagus, buncis, wortel, kacang panjang dan lobak hijau.
Buah: alpukat, melon, pisang, buah bit, citrus (jeruk nipis, lemon, jeruk bali), tomat dan cantaloupe.
Biji-bijian: biji bunga matahari, gandum beserta olahannya serta jagung.
Kacang-kacangan: kacang merah, kacang hijau, kacang polong, kacang hitam lentil dan kedelai.


Hindari Rokok dan Alkohol
Gaya hidup sehat menjadi salah satu faktor penentu kesuburan. Bila Anda memiliki kebiasaan merokok, berhentilah dari kebiasaan tersebut karena akan merusak kesehatan. Dengan rusaknya kesehatan, maka kesuburan juga akan berpengaruh. Pengaruhnya bisa membahayakan janin dan menghambat kehamilan.


Hindari Obat Tanpa Resep Dokter
Jangan asal mengkonsumsi obat-obatan tanpa resep dokter karena khawatir akan mengganggu kesuburan. Alangkah baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter pilihan Anda agar terhindar dari zat-zat yang membahayakan bagi tubuh Anda dan pasangan.


Konsumsi Makanan Bergizi
Biasakan untuk melihat komposisi dari makanan-makanan yang akan masuk ke dalam tubuh Anda. Dengan begini, Anda bisa menyesuaikan zat apa saja yang diperlukan tubuh karena setiap tubuh memerlukan zat dengan porsi yang berbeda-beda.


Preconceptional Check-up
Hal ini sangat penting Anda lakukan jika ingin melakukan persiapan kehamilan sejak dini. Dengan membuat janji dengan dokter, Anda bisa memastikan bahwa tidak ada riwayat penyakit turunan, penyakit menular ataupun penyakit lainnya yang akan mengganggu program kehamilan Anda dan pasangan.


Olagraga
Berat badan ideal juga bisa mempengaruhi kesuburan lho. Berat badan ideal bukan berarti kurus ya, tapi harus disesuaikan juga dengan tinggi badan Anda. Sama dengan mengkonsumsi makanan bergizi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda, pun berolahraga harus sesuai anjuran ahlinya. Jangan sampai berlebihan hingga menyebabkan penyakit lainnya.

Foto: dok. Freepik


Siapkan Finansial
Di luar dari kesiapan fisik dan mental, kesiapan finansial juga harus Anda persiapkan. Anda sudah bisa menyicil dengan menyisihkan sedikit demi sedikit penghasilan untuk kebutuhan sang buah hati kelak agar masa depan sang anak terjamin.

Relationship, Tips dan Trik, Serba-serbi Pernikahan

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP