Perhatikan Dress Code Pernikahan

Setiap calon pengantin tentu ingin menampilkan pesta pernikahan yang berkesan bagi semua tamu yang hadir. Tak heran jika pada undangan kerap dicantumkan tema busana (dress code), mulai dari formal, fine dining, garden party, pool party, dan masih banyak lagi. Bila kali ini Anda berperan sebagai tamu, maka perhatikan tema yang dicantumkan agar dapat tampil dengan layak.

Tema busana sendiri sesungguhnya merupakan bagian dari seremoni pesta pernikahan. Tak masalah bila Anda tak mengikutinya. Namun bila Anda ingin para tamu menghormati tema busana pada pesta pernikahan Anda, sepatutnya Anda menghormati pengantin yang saat ini mengundang. Bila Anda tak memiliki busana dengan tema yang dimaksud, setidaknya tetap tampil sopan dan usahakan mengenakan busana yang tidak terlalu jauh dari tema. Berikut beberapa jenis dress code yang biasa diaplikasikan pada pernikahan :

Formal Elegan

Saat undangan mencantumkan tema tertentu seperti tradisional, ada baiknya menghormati yang mengundang dengan mengenakan pakaian yang formal dan elegan. Kemeja batik lengan panjang bisa jadi pilihan tepat bagi pria. Sementara untuk wanita, bisa mengenakan dress panjang berwarna gelap atau setelan kebaya dengan bawahan kain yang warnanya senada. Biasanya undangan dengan dress code seperti ini digelar di gedung pernikahan atau hotel.

Lounge Suit & Dress with Hat

Tema ini kerap diberlakukan untuk royal wedding. Jangan sampai salah kostum ya, karena untuk acara dengan level besar seperti ini biasanya dress code telah ditentukan oleh sang pengundang.

Seperti pada pesta pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle. Dress code dari acara yang digelar di Windsor Castle itu adalah lounge suit untuk pria dan dress with hat untuk perempuan. Mengenakan topi memang sejak lama telah menjadi bagian dari tradisi kerajaan Inggris dalam acara-acara penting, termasuk pernikahan keluarga kerajaan.

Tema Casual Outfit

Pernikahan tidak melulu harus tampil resmi dan rapi, ada kalanya Anda diminta untuk tampil casual dengan pilihan outfit yang santai. Biasanya ini untuk pernikahan yang digelar outdoor seperti garden party dengan tema rustic.

Untuk itu perhatikan hal ini. Jika venue pernikahan adalah di tempat outdoor berlatar hutan dan pepohonan, warna earth tone seperti putih dan beige bisa jadi pilihan. Misalnya untuk pria, padukan kemeja berwarna putih dengan celana chino berwarna beige. Tambahkan dasi kupu-kupu dan voila, you are good to go.

Untuk wanita, pilih dress selutut dengan warna earth tone, terutama jika acara digelar di pagi atau siang hari. Dan ingat jangan kenakan highheels ya, lebih baik kenakan wedges atau flat shoes karena kamu akan sibuk berjalan di rerumputan. Tata rambut juga dengan gaya casual dan tidak berlebihan.

Cocktail Attire

Undangan dengan tema cocktail attire ini adalah perpaduan antara casual dan elegan dalam penampilan. Untuk wanita, pilihlah cocktail dress yang sederhana. Sementara untuk pria, bisa mengenakan kemeja atau jas dengan konsep casual atau semi-formal.

White Tie

Dari seluruh jenis dress code, ini adalah yang paling formal. Pria harus mengenakan outfit yang rapi mulai dari kemeja putih, dasi, vest, jas, hingga celana panjang dan sepatu kulit. Tak beda halnya dengan wanita yang juga harus mengenakan dress lengkap dengan aksesoris seperti sarung tangan atau hand clutch. (SW)

Foto : Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP