Perhatikan Ini Sebelum Membeli Bahan Kebaya

 

Komponen utama kebaya terdapat pada bahan. Salah satu bahan yang paling sering digunakan untuk kebaya adalah brokat atau lace, yang memiliki banyak jenis dengan kualitas berbeda. French lace menjadi bahan yang paling sering dipilih dengan alasan kualitas teratas. Kebanyakan desainer kebaya pun beranggapan brokat atau lace ini merupakan bahan yang paling mudah dan tepat untuk pembuatan kebaya disamping bahan lainnya yang kadang juga dipakai sebagai pendamping atau paduan, seperti organza atau tulle.

Untuk memperoleh kebaya yang sempurna perlu beberapa pertimbangan sebelum memutuskan membeli bahan yang Anda inginkan. Kurang teliti kerap menyebabkan bahan yang sudah dibeli menjadi tidak maksimal digunakan, bisa karena kurang panjang/lebar, atau bahkan salah motif atau warna.

Membeli bersama

Desainer lebih mengerti bahan kebaya seperti apa yang diperlukan oleh calon pengantin. Pengetahuan dan pengalaman membuat desainer lebih mengetahui jenis, motif hingga warna yang tepat di kulit calon pengantin. Membeli sendiri tidak ada salahnya dilakukan, tetapi untuk menghindari pemilihan bahan yang mungkin tidak cocok, baik dari jenis bahan maupun warna, ada baiknya menetukan waktu bersama desainer untuk memilih bahan. Bersama desainer Anda bisa pergi ke pasar mayestik atau pasar baru, sentra berbagai bahan, untuk mendapatkan beraneka ragam bahan yang sesuai dengan karakter dan kondisi tubuh Anda. Masing-masing desainer umumnya sudah memiliki toko langganan yang tentunya akan memudahkan Anda mencari.

Di pasar baru atau mayestik Anda akan menemui begitu banyak tempat yang menjual berbagai bahan yang diperlukan, bahkan untuk bahan selain brokat. Dengan pergi bersama, desainer dapat memberi masukan mengenai kelebihan dan kekurangan dari setiap bahan. Tak ada salahnya mengajak mama atau calon mertua jika mereka tidak keberatan, sehingga mereka ikut mengerti bahan yang tepat untuk kebaya Anda dan seragam mereka berdua serta anggota keluarga yang lain.

Terlanjur membeli

Ada kalanya saat Anda pergi ke suatu tempat lalu langsung jatuh cinta pada bahan tertentu. Kalau bahan tersebut cocok untuk kebaya yang diinginkan, maka keberuntungan berpihak pada Anda. namun bagaimana bila ternyata bahan terebut kurang sesuai. Misalnya, terlalu tipis untuk menampung beragam detail yang akan mengisi penuh, atau warnanya membuat kulit Anda terlihat kusam. Tentu saja ini menjadi tantangan bagi desainer untuk mengolah bahan yang ada. Tetapi bila Anda tidak ingin menanggung resiko kebaya pengantin menjadi kurang maksimal, mintalah arahan kepada desainer sebelum membeli bahan untuk kebaya yang akan Anda kenakan di hari istimewa.

Foto: Dok. Istimewa

Kebaya


LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP