message

Pertanyaan Seputar Persiapan Pesta Pernikahan

 

Dalam mempersiapkan pesta pernikahan ada banyak istilah dan tradisi yang sudah dijalankan turun temurun namun terkadang tidak dimengerti oleh Anda sebagai calon pengantin. Atau, Anda ingin tahu tapi tidak memiliki waktu yang cukup untuk mencari tahu karena kesibukan Anda. Apa saja istilah atau tradisi yang sering Anda lihat tapi tidak mengerti arti di belakangnya. Yuk, simak tulisan berikut ini.

  1. Kenapa Pengantin Mengenakan Veil?

Sejarah veil bermula dari kepercayaan jaman Romawi kuno. Ceritanya sang pengantin menutupi wajahnya untuk menyamarkan dirinya dari roh jahat yang cemburu dengan kebahagiaan sang pengantin di hari pernikahannya. Veil juga bertujuan untuk menutup wajah sang pengantin wanita untuk tidak terlihat langsung oleh pasangan pengantin prianya.

  1. Kenapa Pengantin Wanita Ditemani Oleh Bridesmaids?

Sama halnya dengan mengenakan veil sebagai penutup wajah, tujuan dari pengiring atau bridesmaids adalah untuk mengecoh roh jahat yang bertujuan mencelakakan si pengantin wanita. Dahulu kala, bridesmaids malah mengenakan gaun sama seperti si pengantin itu sendiri.

  1. Kenapa Pengantin Melemparkan Buket Di Hari Pernikahannya?

Kita ketahui saat melemparkan buket bunga dan ditangkap oleh wanita yang belum menikah, konon dia yang menangkapnya akan menikah setelah itu. Menurut sejarah berabad lalu, baju yang dikenakan pengantin dianggap memiliki kekuatan magis dan setelah menikah, gadis-gadis akan mengejar si pengantin dan merobek-robeknya untuk bisa mendapatkan bagian dari baju pengantin ini. Untuk menghindari hal demikian, maka digantilah dengan acara melempar buket bunga.

  1. Kenapa Pengantin Wanita Berdiri di Sebelah Kiri Pasangannya?

Sejarah menulis bahwa pengantin wanita selalu berdiri di sebelah kiri pasangannya agar si pengantin pria dengan bebas bisa mengayunkan pedang dengan tangan kanannya untuk mencegah pria-pria lain yang berusaha merebut dan menculik pengantin wanitanya.

  1. Kenapa Ada Istilah ‘Something Borrowed’ dan ‘Something Blue’ di Pesta Pernikahan?

Istilah ini tidak terlalu digunakan di Indonesia, tapi di Barat, pengantin wanita akan meminjam sesuatu dari orang tuanya sebagai tanda good luck. Dan, mengenakan sesuatu berwarna biru karena dipercaya warna biru itu melambangkan cinta dan kesetiaan.

  1. Kenapa Gaun Pengantin Berwarna Putih?

Pengantin wanita mengenakan gaun berwarna putih ternyata baru sejak tahun 1840 atau sekitar 180 tahun lalu. Sebelumnya pengantin wanita mengenakan warna baju apa saja yang mereka miliki dan yang mereka pikir terbaik untuk dikenakan di hari istimewa mereka.

  1. Kenapa Pengantin Menangis di Hari Pernikahannya?

Anda menangis karena berbahagia? Tentu saja. Tapi tradisinya ternyata menangis di hari pernikahan Anda akan mendatang kebaikan atau good luck. Kenapa? Karena diharapkan setelah menikah Anda tidak akan menangis lagi.

  1. Pengantin Pria Seharusnya Menggendong Pengantin Wanita. Kenapa?

Sekarang sudah jarang Anda lihat pengantin pria akan menggendong pasangannya memasuki rumah atau kamar pengantin mereka berdua. Tradisi ini masih dilakukan di Indonesia terutama di kota-kota besar namun sekarang mungkin sudah tidak lagi. Intinya pengantin pria menjadi pelindung dan penyelamant pasangannya, pengantin wanita, jika ada bahaya yang menyerang si wanita.

Foto : Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP