Pilih Mana, Menikah Secara Adat atau Internasional?

 

Foto: Aluira Makeup & Kebaya


Saat ini, calon pengantin khususnya di Indonesia memiliki kesempatan untuk memilih konsep pernikahan mereka, apakah akan memilih menjalani prosesi pernikahan secara adat/tradisional atau menggunakan konsep internasional. Saat memilih pernikahan adat pun, Anda masih dihadapkan dengan banyaknya pilihan adat di indonesia, seperti adat Betawi, Minang, Jawa, Sunda, Batak dan lain sebagainya. Begitupun pernikahan internasional dengan pilihan konsep intimate, bohemian dan lain-lain.


Dengan banyaknya pilihan konsep pernikahan yang harus dipilih, kadang membuat Anda semakin sulit untuk menentukan pilihan. Oleh karena itu, Weddingku akan memberikan beberapa alasan untuk membantu Anda memilih pernikahan dengan konsep tradisional atau internasional.


Pernikahan Internasional
Salah satu alasan banyak yang memilih menikah dengan konsep tradisional adalah karena memiliki hubungan dengan yang bukan orang Indonesia, seperti memiliki orang tua yang berbeda kewarganegaraan atau menikah dengan pasangan yang berbeda kewaganegaraan dengan Anda.


Foto: Moire Photography


Dengan kepemilikan latar belakang yang berbeda seperti itu, kebanyakan pasangan akan menikah menggunakan konsep internasional saja agar lebih mudah dan lebih adil untuk kedua belah pihak. Selain itu, pastinya yang memilih konsep pernikahan ini juga pasangan yang ingin serba cepat tanpa mengurus banyak prosesi pernikahan adat, walaupun tak menutup kemungkinan juga beberapa pasangan akan memilih menikah secara adat/tradisional jika keluarga Indonesia lebih dominan.


Pernikahan Adat/Tradisional
Biasanya, keluarga yang masih sangat menjunjung tinggi tradisi dan budaya Tanah Air, akan memilih pernikahan dengan konsep tradisional. Bukan hanya karena tuntutan dari keluarga saja, tapi juga karena kebiasaan dan lingkungan sekitar. Bagi yang berdarah Batak, biasanya akan menikah pula dengan adat Batak, bagi yang memiliki keturunan Melayu, biasanya juga akan menikah dengan adat Melayu sesuai dengan suku masing-masing calon pengantin.


Foto: Sanggar Liza


Pernikahan adat biasanya juga melibatkan banyak kerabat dan sanak keluarga. Hal ini merupakan alasan yang tepat jika Anda ingin melibatkan keluarga di hari spesial tersebut karena jika dalam pernikahan internasional, keluarga hanya lebih banyak menjadi penonton saja. Alasan ini juga sebagai bentuk rasa hormat Anda pada orang-orang yang lebih tua, seperti orang tua, kakek-nenek, om dan juga tante.


Bagi yang menyukai keunikan dan ingin merasakan semua prosesi menarik yang ada di dalam tatanan acara pernikahan adat, maka memilih menikah dengan konsep tradisional adalah pilihan yang tepat. Sebelum sah, bisa melakukan midodareni atau malam bainai dulu, merasakan dipingit, dan melakukan proses sungkeman dan lain sebagainya. Satu hal yang membuat orang banyak tertarik menikah secara tradisional adalah karena busana pernikahannya yang sangat unik tergantung dari daerah atau suku yang Anda inginkan.

Pernikahan Tradisional, Serba-serbi Pernikahan


LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP