Pintar Menyiasati Biaya Pernikahan

Setiap calon pengantin pasti mengalami bagaimana sulitnya mengatur biaya untuk pesta pernikahan. Bila menuruti segala keinginan, bukan tak mungkin bujet pernikahan Anda akan membengkak jauh melebihi perkiraan awal. Bagi Anda yang membiayai pesta pernikahan dari kantong sendiri, ada baiknya berfikir ulang dan berusaha mengurangi hal-hal yang tidak terlalu penting. Selain itu, persiapkan biaya tersebut jauh-jauh hari, dan mulailah menabung untuk memudahkan beban. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan dalam mempersiapkan bujet :

  1. Teliti dalam menentukan bujet

Sudah bukan rahasia lagi kalau biaya pernikahan kerap membengkak, terkadang jauh diatas perkiraan awal. Oleh karenanya teliti dalam menentukan bujet dan membuat estimasi biaya untuk masing-masing pos sangatlah dibutuhkan. Pastikan harga gaun atau dekorasi yang Anda masukkan ke dalam estimasi awal sesuai dengan yang Anda inginkan. Dan jangan sampai di tengah perjalanan persiapan nantinya Anda tergoda untuk mendapatkan gaun atau apapun itu yang harganya jauh di atas harga yang sudah diperkirakan.

Pesta penikahan indah bak putri raja, memang kerap hadir dalam impian setiap calon pengantin. Akan tetapi apabila bujet yang tersedia tidak terlalu besar, maka Anda masih bisa merencanakan pesta yang unik, cantik dan berkesan dan sesuai dengan karakter Anda dan pasangan, tanpa harus menghamburkan terlalu banyak biaya.

  1. Mulai Berhemat dan Menabung

Penat setelah bekerja seharian lalu mampir sejenak ke suatu tempat untuk sekedar melepas lelah memang penting untuk dilakukan. Terlebih kalau dilakukan bersama pasangan. Namun, kalau itu membuat Anda harus menghabiskan uang yang seharusnya bisa digunakan untuk keperluan pesta pernikahan, ada baiknya kebiasaan tersebut dihentikan untuk sementara. Ada baiknya Anda dijemput kekasih untuk langsung pulang ke rumah atau justru bertemu di rumah saja. Bahkan, tak ada salahnya bila frekuensi pertemuan dikurangi, gunakan waktu luang untuk mencari penghasilan tambahan misalnya, demi tercapainya pernikahan impian.

Selanjutnya, mulailah membuat tabungan bersama, dan alihkan uang untuk bersantai tadi ke dalam bentuk tabungan. Bisa saja tabungan ini Anda lanjutkan setelah pernikahan berlangsung, untuk berbagai keperluan setelah berumah tangga. Seperti pendidikan anak, membeli rumah atau keperluan lainnya.

  1. Memanfaatkan Promo Menarik

Pada setiap wedding exhibition banyak vendor yang memberikan promo-promo menarik. Nah, manfaatkanlah kesempatan ini untuk mendapatkan harga yang lebih rendah. Dengan demikian, sisa bujet yang tersedia dapat digunakan untuk biaya-biaya tak terduga yang biasanya selalu saja dating di detik-detik terakhir.

Foto : Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP