Potret Kecantikan Pengantin Wanita Menggunakan Busana Adat

 

Foto: Speculo Weddings


Indonesia memiliki beragam adat dan budaya. Ragam budaya tersebut membuat Indonesia memiliki banyak pilihan baju adat yang bisa dikenakan di pesta pernikahan. Meskipun calon pengantin juga banyak yang ingin menikah dengan konsep dan busana internasional, tapi tak sedikit pula yang lebih menyukai menggunakan busana adat di pernikahan dengan alasan ingin terlihat beda, lebih anggun, lebih unik dan lebih memiliki makna.


Busana Adat Jawa
Busana adat Jawa lebih tepatnya Jawa Solo biasanya menggunakan kebaya kutu baru dengan potongan panjang hingga lutut. Sedangkan bahannya menggunakan material beludru berwarna hitam, hijau, biru, merah, ungu dan coklat. Material ini akan menambahkan kesan mewah pada pengantin saat dikenakan.


Yang membuat pengantin wanita terlihat sangat menawan saat mengenakan pakaian adat Tanah Air bukan hanya karena detail atasannya saja tapi juga detail dari setiap aspek busana yang digunakan. Misalnya dari bawahannya yakni batik yang juga memiliki makna sendiri, dari riasan wajah yang khas hingga aksesori yang membuat penampilan pengantin semakin sempurna. Seperti pengantin Jawa yang diabadikan oleh Speculo Weddings ini, tampak sangat cantik dan anggun dalam balutan busana khas Jawa Solo.


Foto: Speculo Weddings


Busana Adat Minang
Busana pengantin Minang yang biasa dikenal adalah busana yang menggunakan suntiang atau mahkota kepala berbentuk setengah lingkaran. Padahal, model busana yang berasal dari daerah Koto Baru, Sumatera Barat tak kalah indahnya. Lihat saja pengantin yang dipotret oleh TienMiere ini sangat menawan menggunakan busana Koto Baru dengan perpaduan warna baby blue dan soft pink dengan selendang di atas kepala yang menambah kesan menarik serta berbeda dari mahkota adat lainnya.


Foto: TienMiere


Busana Adat Sunda
Busana adat Sunda identik dengan nuansa putih. Warna putih akan memberkan kesan menawan saat dikenakan, apalagi jika yang mengenakannya adalah pengantin wanita yang memiliki aura cantiknya sendiri. Lebih lagi dengan tambahan hiasan kepala khas Sunda dengan rangkaian melati nan indah. Coba lihatlah keanggunan pengantin Sunda yang berhasil diabadikan oleh kameramen uk International ini, detail busana yang dikenakan akan menambah kecantikan si pengantin.


Foto: uk International


Busana Adat Bugis
Busana adat Bugis Makasar memang tampak berbeda dari busana adat lainnya yang ada di Tanah Air. Biasanya busana lain mengikuti bentuk tubuh si pengantin, sedangkan baju Bugis yang dikenal sebagai baju bodo ini berbentuk segi empat yang kebesaran. Meskipun begitu, busana ini mampu disulap menjadi busana yang sangat apik saat dikenakan dan pengantin wanita terlihat anggun saat mengenakannya.


Foto: uk International

Tradisional, Busana Tradisional

LEAVE A COMMENT


BACK
TO TOP