Rahasia Hubungan Awet hingga Kakek-Nenek

Foto: Freepik


Menjalin kasih dengan orang terkasih hingga maut memisahkan memang impian dalam setiap perkawinan. Namun, untuk sampai pada titik itu tentulah tidak mudah. Layaknya menggapai cita-cita, semua bisa diraih dengan usaha yang nyata.


Melansir dari berbagai sumber penelitian, ada beberapa tips yang harus dilakukan demi mencapai impian hidup langgeng bersama pasangan. Apa saja itu? Simak penjelasan berikut.


Komunikasi adalah hal utama
Kunci dari hubungan langgeng hingga tua adalah komunikasi dan kejujuran. Jika kedua hal tersebut sudah dilakukan, maka hubungan Anda sudah termasuk ke dalam hubungan sehat. Tapi, tak mudah memang mendapatkannya, Anda perlu selalu konsisten untuk berkomunikasi. Jika ada permasalahan yang menyebabkan putusnya komunikasi untuk sementara waktu, segeralah perbaiki. Jika tidak, bisa berakibat fatal.


Saling mengerti satu sama lain
Dalam hal apapun bahkan dalam berbincang, Anda harus berlatih untuk menjadi pendengar yang baik, jangan hanya mau didengar. Anda juga tidak boleh mengabaikan emosi tesirat di setiap kata yang pasangan Anda ucapkan. Anda perlu menyadari perasaannya, apakah yang pasangan Anda rasakan saat ini, apakah stres dan sedih atau lainnya.


Kadang, ada hal yang tidak bisa tersampaikan, jadi Anda perlu juga untuk membaca nada bicaranya dan bahasa tubuhnya. Jika sudah saling mengerti seperti ini, hubungan Anda auto langgeng hingga tua.


Foto: Freepik


Satukan visi kehidupan
Hidup berdua memang tidak mudah, Anda harus menyamakan tujuan membangun sebuah rumah tangga. Dilansir dari Psychology Today, disarankan untuk selalu membicarakan apapun yang berhubungan dengan Anda dan pasangan, mulai dari keinginan hingga kekhawatiran dalam hubungan. Jika merasa sudah jauh dari tujuan awal berumah tangga, maka Anda perlu fokus kembali ke tujuan awal pernikahan.


Memupuk kepercayaan pada pasangan
Selain komunikasi dan kejujuran, kepercayaan juga menjadi satu kunci utama untuk mencapai pernikahan bahagia dan langgeng. Tunjukkanlah kelemahan, keterbukaan dan rahasia Anda pada pasangan agar dia merasa dipercaya untuk mengetahui hal-hal yang ada dalam diri Anda, sehingga tidak ada lagi rasa canggung yang akan membatasi hubungan Anda.


Membatasi diri
Tidak adanya rasa canggung bukan berarti Anda bisa seenaknya melakukan apapun yang Anda inginkan karena perlu juga ada batasan diri sebagai pengingat agar tidak berlebihan terhadap pasangan. Hidup berumah tangga juga perlu privasi. Rasa saling menghormati privasi masing-masing juga harus dimiliki setiap pasangan. Jadi, hidup Anda dengan pasangan tidak akan membosankan karna diselingi oleh kegiatan bersama pasangan dan kegiatan dengan diri sendiri.


Selesaikan masalah di waktu yang tepat
Di setiap hubungan, pasti akan selalu ada masalah. Apakah Anda menyadari bahwa masalahlah yang membuat hubungan tetap langgeng? Namun, perlu strategi untuk bisa membuat masalah menjadi hal yang positif dalam hubungan. Caranya, diskusikanlah setiap masalah dengan kepala yang dingin.


Selesaikan masalah di saat yang tepat. Jika saat itu tidak bisa menyelesaikan masalah, berarti Anda harus memberi sedikit waktu untuk menenangkan pikiran terlebih dahulu. Jika memaksakan menyelesaikan masalah di saat pikiran sedang panas, bukannya akan selesai tapi berpotensi memberikan masalah baru.

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP