Sebelum Menikah di Tempat Unik, Perhatikan Dulu Beberapa Hal Ini

 

Foto: Freepik


Tempat atau lokasi pernikahan merupakan salah satu aspek terpenting dalam perencanaan resepsi pernikahan, karena di sana Anda akan mengukir kenangan, pengalaman bahkan sejarah terindah dalam kehidupan.


Untuk itu, mungkin di tempat biasa seperti gedung pernikahan, hotel ataupun rumah sendiri sudah biasa dilakukan. Bagaimana jika Anda melangsungkan pernikahan di tempat yang tak biasa seperti di industrial spaces, rooftops, renovated barns atau ruang terbuka? Tentu akan memberikan kesan yang berbeda di hari spesial Anda.


Namun, menyelenggarakan pesta pernikahan di tempat yang tak biasa seperti itu pastinya memiliki beberapa kendala. Sebab itu, penting untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum memutuskan di mana Anda akan menikah.


Pahami lokasi
Anda harus paham betul dengan lokasi pernikahan pilihan tersebut. Dengan begitu, Anda akan tahu bagaimana cara menangani jika nantinya terjadi masalah saat pernikahan berlangsung. Sebelumnya, Anda harus sudah mencari-cari informasi mengenai tempat tersebut agar tak memberikan ‘kejutan-kejutan’ nantinya.


Lihat lingkungan sekitar
Apakah lingkungan tempat yang Anda pilih tersebut mumpuni untuk Anda melangsungkan pernikahan di sana, misalnya mumpuni untuk menambahkan pelantang suara. Satu lagi yang paling penting, Anda juga harus mengetahui apakah tempat tersebut diizinkan untuk melangsungkan resepsi pernikahan. Jangan sampai mengganggu masyarakat sekitar atau yang lainnya.


Foto: Amber Gress Photography


Cari spot menarik
Anda harus mencari spot menarik untuk dijadikan latar foto pernikahan. Mendokumentasikan pernikahan marupakan hal yang sangat penting dilakukan karena akan menjadi kenangan yang tak akan terlupakan seumur hidup. Jadi jangan lupa untuk turut menonjolkan tempat yang Anda pilih tersebut agar menjadi salah satu kisah unik dalam kehidupan.


Berpikir kreatif
Jika Anda menikah di hotel atau gedung pernikahan lainnya, biasanya sudah memiliki pakem sendiri untuk dekorasi pernikahan. Namun, jika menikah di tempat yang tak biasa, Anda diharuskan untuk berpikir kreatif. Anda dituntut untuk memikirkan bagaiman dekorasi yang cocok hingga menjadikan pesta pernikahan Anda beda dari yag lain.


Cek ketersediaan properti
Beberapa tempat unik mungkin hanya menyediakan ruangannya saja. Jadi, Anda masih memerlukan properti pendukung lainnya seperti meja dan kursi, bunga-bunga untuk dekorasi hingga peralatan makan. Perlu diingat pula, jika Anda menikah di tempat yang dingin, maka Anda harus menyediakan penghangat ruangan, pun sebaliknya.


Patuhi aturan yang berlaku
Misalnya Anda ingin melangsungkan pernikahan di tempat yang tak biasa untuk menyelenggarakan pernikahan, maka Anda harus mematuhi aturan yang berlaku. Mungkin ada batasan kalau Anda tak boleh terlalu berisik, atau batasan durasi pernikahan yang sudah ditentukan. Jangan lupa meminta izin terlebih dahulu pada yang berwenang jika Anda ingin melangsungkan pernikahan di tempat tak umum, ya!


Lakukan survei lokasi
Hal ini sangat diperlukan untuk mengetahui keadaan lokasi pernikahan Anda sebelum menikah. Takutnya, jika Anda tak melakukan survei sebelumnya, kendala yang terjadi saat pernikahan tak akan bisa hadapi nantinya. Seperti, kekurangan cahaya atau penambahan pendingin/penghangat ruangan.


Foto: Xoxo, Molly Jane

Wedding Ideas, Wedding Venue

LEAVE A COMMENT


BACK
TO TOP