Siapa Yang Membeli Cincin Kawin? Anda atau Pasangan?

Setelah membaca judul di atas jadi siapa yang membeli cincin kawin untuk Anda dan pasangan? Jawabannya adalah tergantung siapa yang membacanya. Jika yang membacanya adalah Anda sebagai calon pengantin pria maka kemungkinan besar Anda lah yang membelinya. Dan, jika yang membaca pertanyaan di atas adalah Anda sebagai calon pengantin wanita, maka kemungkinan besar Anda juga bisa menjadi bagian dari cincin yang akan tersemat di jari manis Anda.

Sebelum menentukan siapa yang akan membeli cincin kawin bagi Anda berdua, sebaiknya Anda dan pasangan memikirkan tulisan berikut ini. Setelah pesta pernikahan Anda berlalu yang menjadi saksi bahwa Anda berdua telah menjadi suami isteri adalah: Akte Pernikahan, foto dan video pernikahan Anda, dan cincin kawin yang tersemat di kedua jari manis sebagai tanda Anda telah sah menjadi suami isteri.

Jadi apakah cincin pernikahan itu penting? Tentu saja.

Tradisi Cincin Kawin Dibeli oleh Calon Pengantin Pria

Sudah menjadi tradisi jika rata-rata cincin kawin dibeli oleh calon pengantin pria. Hal ini bukan saja telah menjadi tradisi paternalistik di hampir seluruh belahan bumi tapi juga menjadi tanda janji dan tanggung jawab moral pria terhadap wanita yang dipilihnya menjadi isteri. Cincin kawin adalah bentuk komitmen dari janji pernikahan.

Calon Pengantin Wanita Ikut Membeli Cincin Kawin

Tentu saja. Pasangan pengantin modern akan membagi tugas untuk mempersiapkan pesta pernikahan mereka. Siapa yang menyiapkan dan membeli apa adalah tugas masing-masing untuk melengkapinya. Biasanya untuk cincin kawin antara pengantin pria dan wanita akan membagi cost yang dikeluarkan untuk membeli sepasang lambang pernikahan bagi mereka ini. Hal ini sebagai tanda ekualitas bahwa suami dan isteri mempunyai hak dan kewajiban yang seimbang dan hidup pernikahan mereka.

Masing-Masing Membeli Cincin Kawin Untuk Pasangannya

Sebenarnya sama saja dengan membagi dua harga sepasang cincin ini, namun membelikan cincin kawin untuk pasangan Anda memiliki arti yang lebih istimewa. Lebih dari Anda berdua memilih sepasang cincin dan membagi dua pembayarannya, membeli masing-masing lebih ke Anda saling memilihkan cincin istimewa ini untuk pasangan Anda. Tentu saja bisa jadi pilihan Anda dan pasangan tidak sama. Tapi bukankah terkadang desain cincin pria dan wanita tidak sama kecuali sepasang cincin polos. Yang terpenting adalah cincin yang nantinya Anda kenakan itu adalah pilihan dari pasangan Anda sendiri dan hal tersebut akan menjadikannya istimewa.

Biasanya dalam hal menentukan dan membeli cincin kawin ada dua hal yang terjadi. Calon pengantin wanita memilih cincin mana yang kira-kira tepat untuk Anda berdua dan calon pengantin pria lah yang kemudian membeli dan membayarnya. Namun, jangan jadikan tradisi untuk menikah maka calon pengantin pria lah yang harus membeli cincin kawin bagi mereka berdua. Jaman sudah modern. Dengan ikut membeli cincin kawinnya, calon pengantin wanita juga punya rasa memiliki bukan saja dalam hal bendanya tapi juga dalam mengarungi hidup perkawinan berdua kelak. Itulah yang terpenting. Jadi siapa yang membeli dan membayar cincin kawin Anda dan pasangan? Jawabannya adalah Anda berdua.

Foto : Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP