Sulap Kebaya Lama Jadi Baru Lagi, Yuk!

Foto: Moza Wahyu Photography


Bagi pengantin Indonesia, mengenakan kebaya di hari pernikahan akan memberikan rasa yang berbeda, apalagi jika kebaya tersebut merupakan kebaya warisan dari ibu yang memiliki nilai histori sendiri. Begitu banyak kenangan manis yang tersimpan pada kebaya tersebut. Kenangan manis itupun menjadi salah satu harapan untuk pernikahan Anda.


Hanya saja, mungkin desain kebaya warisan tersebut kurang cocok untuk Anda kenakan saat ini karena dunia fesyen setiap tahunnya mengalami perubahan. Walaupun perkembangan fesyen terus berputar dan saat ini fesyen busana juga sudah banyak yang kembali ke model-model jadul, namun setiap tahunnya tetap memiliki ciri khas sendiri. Sebab itu, Anda masih perlu untuk memberikan sentuhan masa kini pada kebaya warisan agar terlihat cantik, klasik dan vintage.


Pada dasarnya, kebaya bisa dipermak sesuai keinginan masing-masing pemakai. Hanya saja, Anda harus berhati-hati saat ingin memberikan sedikit perubahan atau tambahan pada kebaya karena tidak bisa dipungkiri bahwa bahan kain kebaya lama akan mudah rapuh dan mudah rusak saat dipermak.


Dari segi kekuatan bahan, bahan beludru dan brokat lebih disarankan untuk dipermak daripada bahan tile yang sangat tipis. Tapi balik lagi, jika orang tua Anda sangat apik dalam merawat kebaya yang akan diwariskan pada Anda tersebut, maka bahan tipis sekalipun bisa dipermak dan digunakan lagi walau sudah berumur puluhan tahun.


Pergilah ke tukang permak kebaya profesional untuk mendapatkan hasil permak yang maksimal. Kalau perlu, Anda bisa pergi ke desainer untuk sekaligus berkonsultasi mengenai kebaya tersebut agar bisa disesuaikan dengan masa dan karakteristik Anda.


Jika ingin menyulap kebaya lama menjadi baru, bagian yang paling sering dipermak adalah bagian kerah kebaya, bisa juga dengan menambahkan bustier agar kebaya tampak seperti milik sendiri karena akan mengikuti bentuk tubuh yang akan memakai kebaya. Selain itu, perlu juga untuk menghilangkan long torso pada kebaya, serta menambahkan beberapa detail agar lebih kekinian dan elegan.


Dengan menggunakan kebaya warisan di hari pernikahan, maka Anda bisa menghemat bujet pernikahan. Anda hanya tinggal menyisihkan bujet permak yang perbedaan harganya jauh di bawah jika Anda membuat kebaya baru. Apalagi jika kebaya tersebut masih tampak bagus dan sangat cocok untuk Anda kenakan tanpa dipermak sama sekali, biaya pernikahan Anda tidak akan membengkak. Asal Anda tahu saja, pakaian pengantin bisa memakan biaya sangat besar lho.


Selain bisa menghemat bujet pernikahan, menggunakan kebaya warisan juga bisa mengurangi beban pikiran Anda untuk menentukan model kebaya. Pasalnya, model kebaya saat ini sudah sangat banyak, apalagi kebaya modifikasi. Jadi jika Anda tidak ingin ribet mencari-cari model kebaya, mengenakan kebaya warisan di hari pernikahan memang sangat cocok untuk Anda.

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP