Summer Wedding Celebration : Trend Dekorasi Pernikahan

Saat ini whimsical wedding adalah tema/konsep yang banyak dibicarakan kaum desainer dan dekorator. Meski terjemahannya adalah “aneh”, tapi pengertiannya sendiri adalah konsep yang unik, berbeda, mungkin bukan sekedar rustic/elegan/glamor seperti yang sering dijadikan konsep pernikahan. Tema whimsical membuat tema dekorasi lebih “playful”, tidak terlalu serius, dengan aksen modern.

Warna-warna neon dan cerah termasuk mint, peach, pink, dengan sentuhan emas pun selalu diminati. Sedangkan dari aksen motif/pattern modern seperti chevron, yang merupakan turunan dari nuansa etnik budaya Aztec juga sangat menarik perhatian. Dari motif tersebut bisa juga dikombinasikan dengan tema Ikat, yang juga lagi “naik daun” di Indonesia. Walaupun temanya bernuansa etnik, tapi warna-warna yang ditampilkan sangat cerah, rainbow, dan bergaya Bohemian.

Berikut adalah beberapa tren desain dan dekor pernikahan masa kini:

1. Warna cerah.

Berbagai warna cerah lagi diminati, terutama hijau (mint) dengan berbagai gradasinya. Sesuai musim, nuansa pesta outdoor yang cerah menjadi pilihan utama ketimbang permainan lighting di pesta pernikahan indoor.

Motif ekletik juga didukung dengan motif-motif pada material kain yang dipenuhi bunga-bunga serta digunakan sebagai centerpiece.

2. Tema vintage

sudah menjadi trend yang sangat popular sepanjang tahun 2011-2012. Kini, giliran tema dekorasi “The Anthropology” yang lebih kuat, halus, dan bergaya, dengan aksen modern ekletik menjadi tren berikutnya. Kombinasi warna yang digunakan adalah nuansa coklat, putih gading dan abu-abu, didukung sofa-sofa besar dan bahan material kain yang bertekstur natural. Di dalamnya termasuk meja kayu yang tebal, deretan lilin, cabang-cabang daun olives. Trend ini memang terlihat “serampangan” tapi sebenarnya sangat terkonsep dengan baik.

3. Tema Art deco.

Film The Great Gatsby sedang “hangat”. Berbagai pemotretan dan dekorasi menggunakan tema dari buku karya F.Scott Fitzgerald ini. Seperti Moulin Rounge yang banyak digunakan untuk dekorasi pernikahan beberapa tahun lalu, art deco yang kental bernuansa tahun 20an ini akan menjadi pilihan lagi di tahun 2013, dimana mutiara akan menjadi lebih popular daripada kristal dan warna-warna metalik, hitam, dan putih akan menceriakan dekorasi pernikahan.

4. Birds

Dikenal dengan lovebirds, kedua makhluk imut ini dipercaya selalu bisa menimbulkan nuasa romantis dan menyempurnakan semua atribut dan detail dekorasi/desain pernikahan, mulai dari dekorasi, kartu undangan, suvenir, cake toppers, sampai centerpieces .

5. Watercolor.

Adalah pilihan kombinasi warna yang sangat romantis dan lembut. Selain cocok untuk warna pastel, watercolor cocok untuk beberapa tema desain seperti floral, whimsical yang natural, dan vintage. Desain tema watercolor pun akan terlihat sangat indah jika diaplikasikan secara tepat pada cakes, linen, gaun, dan kartu undangan.

6. Marbelized Details.

Tren desain yang modern ini sangat bernuansa seni, ekletik dan unik, apalagi jika diaplikasikan pada vas, linen, dan kertas (kartu undangan). Tema Marbleized sangat bernuansa spring atau summer yang cerah ceria. Para tamu sudah pasti akan sangat menyukai dan mengagumi semua detailnya.

7. Motif Ikat.

Tenun ikat yang kental bernuansa budaya Indonesia ini juga dikenal di Jepang, India dan Meksiko. Motif ikat pun bisa dikaitkan dengan gaya Bohemian dengan warna warni berani, yang akan menambah karakter dekor pada meja resepsi , gaun, sampai sepatu. Tak hanya ethnik, tapi juga chic.

Teks : Ari Anastasia CHR . Foto : Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

Comments (3)

  • rossalina

    29 Aug 13

    minta info vendor dekor yg bgus di jogjakarta (tema wedding simple, modern

  • Harini

    05 Jul 13

    Anda bisa menghubungi: Fuchsia Decoration http://www.weddingku.com/vendor-pernikahan/bandung/dekorasi/39106/fuchsia-decoration atau Trinity Decorator http://www.weddingku.com/vendor-pernikahan/bandung

  • elsa

    04 Jul 13

    Minta infonya donk untuk vendor dekorasi di bandung yg oke :) thankks ...email: elsa.el25@gmail.com

Related Articles

BACK
TO TOP