message

Tahukah Anda Makna dari Kue Pengantin di Penikahan?

 

Foto: dok. Freepik

Bagi Anda yang mengadakan pernikahan dengan konsep internasional, kue pengantin merupakan salah satu bagian terpenting dari pesta pernikahan. Pemotongan kue pengantin seringkali menjadi momen klimaks dalam pernikahan. Semua mata dan perhatian akan tertuju pada pengantin saat pemotongan kue tersebut.


Oleh karena itu, tak sedikit yang akan merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan kue pengantin impian. Namun, apakah Anda tahu apa makna dari kue pengantin ini? Apakah yang Anda tahu kue pengantin hanya sekadar pemanis di pesta saja? Jika Anda berpikiran seperti itu, berarti Anda harus mengerti makna yang ada dalam kue pengantin tersebut.


Kue pengantin atau wedding cake memiliki makna simbolis tersendiri. Apa saja makna simbolis tersebut? Berikut penjabarannya.


1. Sebagai Saksi Pernikahan
Kue pengantin saat ini sudah banyak modelnya. Mulai dari yang sederhana, mewah hingga yang bertingkat-tingkat. Warnanya juga sudah tidak monoton putih saja, tapi juga bisa disesuaikan dengan warna tema pernikahan Anda.


Selain memperindah dekorasi pesta pernikahan, kue pengantin juga menjadi saksi awal kisah jalinan cinta sepasang kekasih yang baru saja ingin memulai kisah hidup berdua. Apalagi saat pemotongan kue, dengan dipotongnya kue secara bersama-sama, saat itulah kue tersebut menjadi saksi pasangan dalam mengarungi kehidupan berdua.


2. Gambaran Karakteristik
Seperti halnya dengan pemilihan tema atau konsep pernikahan yang sesuai dengan keinginan kedua mempelai, pemilihan kue pengantin juga bisa sebagai gambaran karakteristik dari kedua mempelai. Ada berbagai jenis bentuk kue pengantin mulai dari bentuk istana, bentuk hati, bentuk rumah dan lain sebagainya, mempelai hanya tinggal pilih yang sesuai dengan karakteristiknya.
Sederhananya, jika bentuk kue pengantin yang diinginkan berbentuk hati, maka maknanya adalah cinta yang tulus dan abadi dari sepasang kekasih. Sangat manis!

Foto: dok. Freepik


3. Sebuah Pengharapan
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kue pengantin merupakan suatu tradisi dari pernikahan internasional khususnya di belahan dunia Eropa sana. Masyarakat Eropa khususnya Skotlandia dan Inggris percaya bahwa kue pengantin merupakan simbol dari kesuburan dan pengharapan akan diberikannya keturunan bagi kedua mempelai.


Tahukah Anda bahwa tradisi kue pengantin tak hanya milik masyarakat Eropa, tapi beberapa daerah di belahan dunia lain juga memiliki tradisi ini seperti Brazil, Yunani hingga negara di Asia yakni Jepang.


Brazil misalnya, memiliki kue yang terbuat dari dua spone cake yang direkatkan dengan krim yang terbuat dari dulce de leche (saus karamel). Kue ini nantinya dibungkus dengan pita dan dibagikan pada tamu di akhir pesta. Beda lagi dengan Yunani yang memiliki almond Yordania yang berbentuk permen yang dilapisi almond. Biasanya, permen almond ini disajikan di pernikahan-pernikahan orang Yunani. Rasa kacangnya yang sedikit pahit dan lapisan gula yang manis melambangkan pasang-surut pernikahan. Sedangkan tradisi di Kazunoko, Jepang ada ikan herring yang melambangkan kesejahteraan keluarga. Sajian ini menjadi salah satu deretan sushi yang banyak digemari di Negeri Sakura ini.


Begitu banyak makna unik yang tersemat di makanan khas pengisi pesta pernikahan. Lalu, apakah makna yang pas bagi kue pernikahan Anda?

Kue Pengantin, Serba-serbi Pernikahan

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP