Tentukan Dulu 3 Hal Ini Sebelum Menentukan Venue Pernikahan

Foto : Batavia Marina - Sunda Kelapa

Salah satu hal paling penting yang harus diputuskan saat Anda baru memulai persiapan pernikahan adalah venue atau lokasi pernikahan. Setelah menemukan venue, Anda bisa memulai mencari vendor yang lain seperti katering, dekorasi, gaun pengantin dan sebagainya. Karena pemilihan dari vendor-vendor pernikahan lainnya tergantung dari lokasi pernikahan Anda digelar.

Lalu bagaimana cara menemukan venue yang tepat? Tentu saja pemilihan venue harus disesuaikan dengan beberapa hal penting yang harus terlebih dahulu Anda sepakati bersama pasangan dan keluarga, yaitu :

  1. Konsep

Foto : Klub Kelapa Gading

Sangatlah penting untuk menentukan konsep terlebih dahulu sebelum Anda mencari venue. Untuk pernikahan dengan konsep internasional, modern atau nasional, Anda bisa memilih venue yang bersifat tertutup (indoor), ruang terbuka (outdoor), atau perpaduan antara ruang tertutup dan terbuka (semi outdoor). Sementara untuk Anda yang menggelar perniakahan dengan konsep tradisional, terutama yang mengikuti pakem, sebaiknya memilih venue di ruangan tertutup, walaupun tidak menutup kemungkinan juga untuk menggelarnya di venue yang semi terbuka. Pemilihan ini semata-mata demi kenyamanan Anda, pasangan, dan keluarga dalam melaksanakan beberapa prosesi adat yang harus dijalankan.

  1. Tema

Foto : The Vida Ballroom

Tema pesta pernikahan berkaitan erat dengan pemilihan venue pernikahan. Untuk Anda yang menginginkan suasana pesta yang intimate, romantis dan juga bersifat kekeluargaan, pesta kebun di ruang terbuka terasa lebih tepat. Akan tetapi bila Anda menginginkan suasana pesta yang anggun, elegan, dan mewah, tentu saja ballroom hotel lebih tepat dijadikan pilihan.

  1. Anggaran

Foto : Chakra Hall & Lounge

Yang paling penting dalam menentukan venue adalah anggaran yang tersedia. Bisa saja Anda menginginkan pesta pernikahan bernuansa alam dengan lokasi yang cukup jauh dari pusat kota. Ingat, aka nada begitu banyak yang harus Anda persiapkan untuk menggelar pesta pernikahan berkonsep outdoor yang juga mampu membuat tamu merasa nyaman. Atau Anda mengidamkan sebuah pesta pernikahan di ballroom yang begitu megah dengan dekorasi indah. Namun bila anggaran yang tersedia tak mencukupi, maka sebaiknya lakukan penyesuaian antara mimpi Anda dengan anggaran yang tersedia.

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP