Blog + Ideas

Tips Memilih Busana Bridesmaid

by   2033
 

Momen pernikahan adalah momen bahagia untuk dirayakan bersama keluarga dan tentunya para sahabat Anda. Bagi Anda yang ingin mengikutsertakan para sahabat dalam bagian perayaan, Anda dapat memberikan peran sebagai bridesmaid pada hari pernikahan. Umumnya, para bridesmaid ini bertugas mengiring pengantin memasuki altar saat upacara pernikahan. Namun, seringkali mereka juga hadir sebagai aksen manis pada acara resepsi pernikahan. Apapun tujuannya, kehadiran para bridesmaid menghadirkan warna tersendiri pada perayaan pernikahan sekaligus menciptakan momen kebahagiaan bagi sebuah persahabatan.

Memilih busana bridesmaid umumnya berkaitan erat dengan tema pernikahan secara keseluruhan. Panduan ini akan memberikan satu kesatuan yang harmonis pada tampilan acara pernikahan. “Dari tema acara pernikahan ini kita akan dengan mudah menentukan warna serta model gaun yang sesuai”, saran Shanti dari Chloe Brides. Secara garis besar, berikut adalah beberapa pertimbangan dalam memilih busana bridesmaid:



Tema
Apa tema dari acara pernikahan Anda? Setelah menetapkan tema, Anda dapat mulai menentukan busana bridesmaid seperti apa yang akan selaras dengan tema. Tema pernikahan biasanya juga mengusung tema warna utama dan warna komplemen. Anda dapat mendiskusikan dengan Wedding Organizer mengenai pilihan warna yang memungkinkan untuk tema acara Anda. Bila Anda membuat busana bridesmaid di tempat membuat gaun pengantin, konsultasikan dengan desainer mengenai pilihan warna dan desain yang sesuai untuk bridesmaid Anda.

Lokasi
Dimana lokasi perayaan akan diadakan, dalam atau ruangan? Ini akan menjadi pertimbangan yang penting dalam memilih jenis bahan dan model busana yang akan memengaruhi kenyamanan pemakai.

Bujet
Busana bridesmaid seringkali menempati daftar urutan terakhir setelah busana orang tua, keluarga inti, dan keluarga besar. Namun, sebaiknya Anda tetap menghitung dari awal, bukan sisa bujet keseluruhan untuk busana bridesmaid. Sebaiknya tidak membebankan para bridesmaid dengan memberikan bahan busana saja untuk dijahit masing-masing. Sesuaikan dengan bujet, apakah bisa membeli atau menyewa saja busana bridesmaid. Apabila memiliki bujet lebih, Anda bisa mempertimbangkan aksesori rambut atau sepatu yang serasi untuk keseluruhan tampilan bridesmaid.

Sesuaikan dengan Postur Tubuh
Serupa tapi tak sama. Tidak masalah bila desain busana yang dikenakan oleh bridesmaid berbeda-beda, selama warna yang dikenakan sama. Bentuk tubuh masing-masing individu berbeda, jadi kita tidak bisa memaksakan model tertentu pada bentuk tubuh yang tidak sesuai.

Beli atau sewa
Mana yang lebih baik, beli atau sewa? Ini kembali lagi kepada bujet yang tersedia. Sewa menjadi pilihan terbaik bila ternyata bujet terbatas serta waktu untuk membuat kurang memadai. “Membeli adalah pilihan terbaik bila mempertimbangkan busana tersebut sebagai hadiah atau tanda terima kasih dari pengantin untuk para sahabat”, ujar Shanti.

Teks: Leyla Fauwzya
Foto: Dok. Istimewa

Wedding Ideas, persiapan pernikahan

LEAVE A COMMENT

Go to top